Benarkah Ganja Meningkatkan Jumlah Sperma Pria?

- Jumat, 10 Mei 2019 | 22:10 WIB
(photo/iStockphoto)
(photo/iStockphoto)

Baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan Human Reproduction mengungkapkan manfaat kesehatan ganja dalam meningkatkan jumlah sperma pria. Hasilnya, pria yang mengonsumsi ganja punya sperma yang banyak.

“Kami menghabiskan waktu sekitar dua bulan untuk meneliti ulang, memastikan bahwa tidak ada kesalahan data. Kami sangat terkejut dengan hasilnya,” tutur Dr. Jorge Chavarro, ketua tim penelitian sekaligus profesor nutrisi dan epidemiologi.

Di tahun 2015 lalu sebuah penelitian yang diterbitkan oleh America Journal of Epidemiologi telah meneliti sebanyak 1.215 pria muda dan sehat.

Hasilnya, pria yang mengonsumsi ganja lebih dari sekali memiliki peningkatan jumlah sperma. Sementara pria yang jarang atau tidak memakai ganja tidak memiliki peningkatan jumlah sperma.

Untuk studi yang terbaru ini, para peneliti menganalisis survey kesehatan dari lebih 650 pria yang mencari perawatan kesuburan di Rumah Sakit Umum Massachusetts antara tahun 2000 – 2017.

Dalam studi ini, peneliti berfokus pada volume, jumlah sperma, motilitas sperma, dan konsentrasi hormon masing-masing pria.

Para peneliti juga bertanya kepada pria soal penggunaan ganja di masa lampau dan masa kini.

Alhasil, peneliti menemukan fakta bahwa pria yang mengonsumsi ganja di masa lalu dan sekarang memiliki  jumlah sperma dan konsentrasi sperma yang lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsi ganja.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X