Mendagri Usul Pencoblosan Pemilu 2024 Bulan April atau Mei, Begini Kata Politisi Demokrat

- Jumat, 17 September 2021 | 17:00 WIB
Anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid. (Instagram/anwarhafid14)
Anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid. (Instagram/anwarhafid14)

Anggota Komisi II Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid memandang usulan pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang ingin pemungutan suara pemilu diundur bulan April atau Mei adalah persoalan teknis saja.

Hal ini pun berbeda dengan KPU yang mengusulkan pelaksanaan pemungutan suara pada bulan Februari 2024. Menurut Tito pemungutan suara Pemilu 2024 pihaknya ingin dilakukan efisien.

"Pertama soal waktu atau hari H adalah soal teknis saja," ungkap Anwar Hafid kepada wartawan, Jumat, (17/9/2021).

Dia berkata bagi Partai Demokrat yang penting adalah konsistensi semua pihak yakni menjalankan amanah Undang-Undang pemilu dan Undang-Undang pilkada.

"Yaitu pemilu tetap dilaksanakan tahun 2024 dan pilkada November 2024" urai Anwar.

Dia menekankan sejak awal Partai Demokrat sudah mempunyai sikap yang jelas. Yakni revisi Undang-Undang pemilu, namun karena tidak bisa, akhirnya proses berjalan juga akhirnya.

"Karena itu, KPU sebagai penyelenggara teknis sebenarnya paling paham akan persoalan dan tahapan pemilu," urai Anwar Hafid.

Lebih lanjut Anwar mengatakan pihaknya akan mendukung sikap dan tahapan yang dilaksanakan oleh KPU.

"Sebaiknya pemerintah mengikuti waktu dan tahapan yang dilaksanakan oleh KPU," tutupnya Anwar.

BACA JUGA: Ini Sederet Faktor yang Buat Manager Otlet Holywings Kemang Jadi Tersangka

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengusulkan agar pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 dilaksanakan pada bulan April atau jika memungkinkan pada bulan Mei. Hal ini disampaikan Tito saat rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR dan penyelenggara Pemilu, Kamis (16/9/2021).

"Kami mengusulkan hari pemungutan suaranya dilaksanakan pada bulan April seperti tahun-tahun sebelumnya. Atau kalau masih memungkinkan Mei 2024," kata Tito.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X