Dua Jembatan Gantung di Cianjur Putus Terseret Arus Hujan Deras, Aktifitas Warga Lumpuh

- Jumat, 24 Desember 2021 | 19:34 WIB
Jembatan gantung Datar Bolang di Desa Gelarpawitan, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, penghubung lima desa putus akibat terbawa arus sungai, Jumat (24/12). (photo/ANTARA/Ahmad Fikri)
Jembatan gantung Datar Bolang di Desa Gelarpawitan, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, penghubung lima desa putus akibat terbawa arus sungai, Jumat (24/12). (photo/ANTARA/Ahmad Fikri)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, melaporkan ada dua jembatan gantung di wilayah selatan Cianjur, putus akibat terseret arus sungai, akibatnya aktifitas warga di lima desa di Kecamatan Cidaun, lumpuh total karena tidak ada jalan alternatif.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Labis di Cianjur Jumat (24/12), mengatakan putusnya dua jembatan gantung yang merupakan akses utama penghubung antardesa dan kecamatan itu, terjadi Jumat dini hari, akibat derasnya air Sungai Cimaragang yang membentang di Kecamatan Cidaun, saat hujan turun deras dengan intensitas tinggi sejak malam hari.

"Hujan turun deras sejak malam hingga pagi menjelang, membuat debit air di Sungai Cimaragang terus meluap dan arus menjadi deras. Akibatnya jembatan gantung yang berdiri di atas sungai putus, sehingga membuat aktifitas warga dari lima desa lumpuh total," katanya dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Jelang Natal, Panglima TNI-Kapolri Tinjau Langsung Gereja Katedral Jakarta

Dua jembatan gantung tersebut, Jembatan Datar Bolang dan Cisarakan yang menghubungkan Desa Neglasari, Cibuluh, Cimaragang, Karangwangi dan Gelarpawitan, putus dengan landasan jembatan sebagian besar terbawa arus sungai, sehingga akses utama warga hilang.

Saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membuat jembatan darurat agar warga di lima desa tidak terisolir karena jembatan tersebut merupakan akses utama warga untuk beraktifitas, terutama aktifitas perekonomian.

"Kita sudah berkoordinasi dengan dinas terkait agar segera membangun jembatan darurat, sebelum kembali membangun jembatan yang putus. Harapan kami, warga dapat beraktifitas kembali setelah jembatan sementara dibangun, sambil menunggu pembangunan kembali," katanya.

Disisi lain, Kepala Desa Gelarpawitan, Heri Kuswanto, mengatakan akibat ambruknya kedua jembatan yang menjadi akses utama itu, aktivitas warga di lima desa lumpuh total karena tidak ada jalan alternatif selain dua jembatan tersebut.

"Sekarang warga terpaksa menyeberangi sungai yang airnya deras saat ada keperluan baik menjual hasil bumi atau ada keperluan lainnya. Kami berharap segera dibangun jembatan darurat karena warga menantang maut ketika hendak beraktifitas," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X