Lebih dari 800 Penerima Vaksin Diduga Disuntik dengan Air oleh Pekerja Medis Palsu

- Jumat, 23 Juli 2021 | 18:10 WIB
Vaksinasi di Uganda. (Photo/Ilustrasi/WHO)
Vaksinasi di Uganda. (Photo/Ilustrasi/WHO)

Sedikitnya ada 800 orang lebih di Uganda yang diduga disuntik dengan vaksin palsu Covid-19, sebagian besar berisi air.

Dilansir dari laporan Bloomberg, dikutip pada Jumat (23/7/2021), perusahaan tertentu di negara tersebut membayar agar karyawan mereka divaksinasi di tempat kerja mereka, tetapi petugas medis yang muncul adalah penipu yang memberikan air kepada penerima.

Vaksin Covid-19 palsu dikatakan akan diberikan selama Mei dan Juni ketika pengusaha bergegas untuk menyuntik pekerja mereka selama lonjakan infeksi yang disebabkan olfeh varian Delta.

Para penipu yang diduga menargetkan orang-orang yang bersedia membayar untuk imunisasi, termasuk karyawan perusahaan, terutama pada saat vaksin kekurangan pasokan.

-
(Photo/WHO)

Baca juga: Astaga! Bukannya Memberantas, Seorang Anggota Polisi di Bengkulu Malah Pakai dan Jual Sabu

“Beberapa individu yang tidak bermoral dengan niat menghasilkan uang, menipu anggota masyarakat untuk melakukan latihan vaksin Covid-19 palsu,” kata Dr Warren Naamara, direktur unit pemantauan layanan kesehatan di bawah kepresidenan.

"Kami telah menangkap dua pekerja medis dalam penipuan, dan satu dokter medis dalam pelarian," tambahnya.

-
(Photo/Reuters)

Dia menambahkan bahwa mereka yang diduga menerima vaksin palsu tidak memiliki alasan untuk panik karena botol tersebut tidak mengandung sesuatu yang berbahaya.

Sampai saat ini, Kementerian Kesehatan Uganda melaporkan bahwa hanya 1,4 juta orang yang telah divaksinasi dari 44 juta penduduk.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X