BMKG: Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia Hingga 24 Januari

- Selasa, 19 Januari 2021 | 10:35 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Instargram @dwikoritakarnawati)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Instargram @dwikoritakarnawati)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Oktober 2020 sudah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021. Menurut BMKG ada 94 persen wilayah Indonesia yang memasuki musim hujan.

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Selasa (19/1/2021).

Ia melanjutkan, saat ini kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. 

Baca Juga: Haji Lulung Minta Polisi Pangggil Ahok Soal Kasus Kerumunan Bareng Raffi Ahmad

Adapun kondisi tersebut dipicu oleh menguatnya Monsun Asia yang ditandai dengan semakin kuatnya aliran angin lintas ekuator di Selat Karimata, diperkuat oleh pengaruh hadirnya gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia. 

“Kehadiran MJO tersebut dapat ber-superposisi dengan penguatan Monsun Asia yang dapat pula disertai munculnya fenomena seruakan dingin (cold surge) di Laut China Selatan," beber dia. 

"Selain itu, teramati beberapa sirkulasi siklonik di selatan Indonesia dan utara Australia yang menyebabkan terbentuknya belokan, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) sehingga meningkatkan pertumbuhan gugus awan supersel yang berpotensi menimbulkan curah hujan tinggi,” sambungnya.

Sementara Deputi Bidang Klimatologi Herizal menyebut, sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini telah memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

"Untuk itu, BMKG terus meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini," papar Herizal.

Karena itu, ia menambahkan bahwa mulai tanggal 18 hingga 24 Januari 2021 ini potensi cuaca ekstrem diprediksi dapat terjadi terutama untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur

“Kemudian Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Sehingga perlu diwaspadai,” tutur dia.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X