Satpol PP DKI Terjunkan 918 Personel di 153 Pasar Selama PSBB Transisi

- Selasa, 16 Juni 2020 | 16:14 WIB
 Petugas melakukan pendataan terhadap pedagang yang akan tes swab di Pasar Thomas, Cideng, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Petugas melakukan pendataan terhadap pedagang yang akan tes swab di Pasar Thomas, Cideng, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 918 personel yang disebar pada 153 pasar tradisional di bawah pengelolaan Perumda Pasar Jaya yang ada di wilayah DKI.

Jika dikalkulasi, setiap pasar ditempatkan enam personel yang bertugas pengawasi protokol kesehatan virus corona (Covid-19) di lokasi tersebut.

"Untuk itu saya menerjunkan 918 orang, dari 153 pasar yang dikelola Pasar Jaya. Setiap pasar kurang lebih enam (6) orang," kata Arifin di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Arifin menuturkan, Satpol PP akan memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi yang diawasi. Namun ukuran jumlah personel tidak mengacu pada luas bangunan yang diawasi.

Pemprov DKI diketahui menerapkan sistem ganjil genap bagi kios atau toko di pasar. Tujuannya supaya memberikan jarak antar kios yang diharapkan berdampak pada terurainya masyarakat yang bertransaksi di lokasi.  

Sejauh ini, ia menyebut masih belum ada laporan pelanggaran terhadap toko atau pedagang yang melanggar ketentuan.

"Kan kita melihat penerapan protokol kesehatan, jangan melihat luas gedung," sebutnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X