Abu Janda Jadi Sorotan karena Sebut: yang Arogan Itu Islam Agama Pendatang dari Arab

- Rabu, 27 Januari 2021 | 09:41 WIB
Abu Janda. (Instagram/@permadiaktivis2)
Abu Janda. (Instagram/@permadiaktivis2)

Permadi Arya alias Abu Janda kembali menjadi sorotan karena pernyataan kontroversialnya. Dia menyebut bahwa Islam adalah agama pendatang dari Arab Saudi.

“Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam, sebagai agama pendatang dari Arab, kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampe kebaya diharamkan dengan alasan aurat,” cuit Abu Janda membalas cuitan Ustadz Tengku Zulkarnain.

-
Pernyataan Abu Janda soal Islam yang disebut sebagai agama pendatang. (Twitter)

Sebelumnya, Ustadz Tengku Zulkarnain membuat cuitan membahas arogansi yang terjadi di Afrika Selatan. Dia kemudian menyangkutpautkan hal tersebut dengan ulama dan Islam yang menurutnya dapat penghinaan di Indonesia.

"Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, Apertheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana mana negara normal tdk boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yg arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI," tulis Ustadz Tengku Zulkarnain di akun Twitter-nya, Minggu (24/1/2021).

Setelah menyebut Islam agama pendatang dari Arab, Abu Janda kemudian menjelaskan bahwa agama asli Indonesia adalah sunda wiwitan. Dia lalu mengungkit soal ritual-ritual yang dibubarkan dan wayang kulit yang diharamkan.

"Islam memang agama pendatang dari Arab, agama asli Indonesia itu sunda wiwitan, kaharingan dan lain-lain. dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. kalau tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal," kata Abu Janda.

Pernyataannya soal agama Islam itu pun jadi sorotan hingga menuai pro dan kontra di kalangan netizen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X