Potret Pilu Perjuangan Calon Guru di NTT karena Pandemi, Cari Sinyal Hingga Pinggir Jalan

- Selasa, 22 September 2020 | 14:23 WIB
Calon guru cari sinyal internet di pinggir jalan (Twitter/@PBPGRI_OFFICIAL)
Calon guru cari sinyal internet di pinggir jalan (Twitter/@PBPGRI_OFFICIAL)

Selama pandemi Covid-19, pemerintah belum mengizinkan sepenuhnya kegiatan belajar tatap muka. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring untuk mencegah penularan Covid-19.

Sayangnya, peraturan ini hanya gampang diucapkan, tapi tidak gampang dilakukan. Tidak meratanya fasilitas jaringan dan internet membuat banyak kalangan masyarakat di pedesaan sulit mengikuti kegiatan daring.

Seperti yang dialami oleh para calon guru, peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) di wilayah Nusa Tenggara Timur. Mereka mengikuti pembukaan dan pengarahan PPG secara online.

Namun, karena sulit mendapatkan sinyal internet, para calon guru ini harus berjuang mencari sinyal hingga ke pinggir jalan. Mereka kemudian mengikuti kegiatan PPG secara daring di pinggir jalan.

"Mereka adalah peserta PPG online di Kelas C. Suasana ini nampak ketika pembukaan & pengarahan dr sekretaris program PPG. Semangat yg luar biasa ini merupakan guru2 kita di wilayah NTT. Insya allah perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. Selalu semangat bapak, ibu guru ku." cuit akun @PBPGRI_OFFICIAL, Senin (21/9/2020).

Potret ironis ini pun mendapatkan beragam reaksi dari netizen. Netizen mendoakan agar para calon guru ini tetap semangat menjalankan tugasnya.

"Yang pernah PPG insha Allah merasakan...karena kesibukan dosen tak jarang dosen memberikan topik diskusi jam 10 malam...tapi kita lalui dengan semangat....." cuit @PBantarsari

"Semangat ibu dan bapak guru. Semoga tetap sehat walafiat," doa @NuangYani.

Sekadar diketahui, Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah menamatkan pendidikan sarjana. PPG mempersiapkan lulusan sarjana agar memiliki berbagai keahlian menjadi guru dan mampu mewujudkan pendidikan nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X