Penumpang Kereta Jarak Jauh Melonjak Dua Kali Lipat saat Idul Adha

- Jumat, 31 Juli 2020 | 14:39 WIB
Suasana penumpang dalam Kereta Api. (Dok. Humas KAI Daop 1 Jakarta).
Suasana penumpang dalam Kereta Api. (Dok. Humas KAI Daop 1 Jakarta).

PT KAI (Persero) mencatat total penumpang Kereta Api Jarak Jauh pada 11 kereta yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis, 30 Juli 2020 mencapai 3.958.

"Jumlah tersebut mengisi sekitar 90 persen dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 4.385 pada Kamis 30 Juli 2020," ucap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Jumat (31/7/2020).

Eva menjelaskan jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta.

Adapun pemberangkatan dengan jumlah penumpang yang meningkat sekitar dua kali lipat ini jika dibandingkan pada akhir pekan minggu lalu tersebut, menurut Eva secara keseluruhan berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan Covid 19 yang diterapkan baik.

-
Suasana penumpang dalam Kereta Api. (Dok. Humas KAI Daop 1 Jakarta).

 

Seluruh penumpang mengikuti aturan yang diterapkan, seperti menggunakan masker dan face shield setelah boarding di Stasiun hingga selama perjalanan KA berlangsung. Para penumpang juga secara kooperatif mengikuti pemeriksaan suhu tubuh berkala yang dilakukan sepanjang perjalanan kereta

"Sementara, untuk Jumat, 31 Juli 2020, di area Daop 1 Jakarta terdapat 7 kereta api yang dioperasikan. Tercatat sekitar 2.600 tempat duduk telah dipesan melalui jalur pemesanan online dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.155," paparnya.

Pada pengoperasian KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, aturan suhu tubuh normal dan memiliki berkas hasil Rapid atau PCR test yang berlaku 14 hari menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon penumpang.

"Jika salah satu persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan langsung diganti 100 persen melalui bantuan petugas," tutup Eva.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau seluruh pengguna jasa juga tetap menjalankan upaya pencegahan Covid 19 melalui penggunaan baju lengan panjang, penjagaan jarak fisik dan menggunakan fasilitas untuk membersihkan tangan yang telah tersedia di stasiun dan di dalam rangkaian kereta.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X