Sudah Terima Laporan AHY, Menkumham Tegaskan Konflik Demokrat Masalah Internal

- Selasa, 9 Maret 2021 | 13:31 WIB
Menkumham Yasonna Laoly. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Menkumham Yasonna Laoly. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima laporan dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Diketahui AHY mendatangi Kemenkumham pada Senin 8 Maret 2021.

“Sudah diterima oleh Dirjen (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU). Dirjen sudah melaporkan kepada saya,” kata Yasonna saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Yasonna berujar, sejauh ini pengamatannya konflik yang dialami oleh partai berlogo Mercy ini adalah masalah internal. Sebab, hingga kini kelompok Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) belum menyerahkan dokumen apapun ke pihaknya.

Baca Juga: Pemerintah Sepakat Cabut Revisi UU Pemilu dari Prolegnas Prioritas 2021

“Kalau dari segi kami, saat ini kami masih melihat ya masalah itu masih masalah internal demokrat. Karena kelompok yang dikatakan KLB kan belum ada menyerahkan satu lembar apapun kepada kami,” jelasnya.

Lebih jauh, jika nantinya hasil dari KLB yang menunjuk Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum pihaknya akan menilai apakah sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat.

“Nanti kalau KLB datang kita akan menilai semuanya sesuai AD/ART Partai Demokrat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Itu penting,” papar dia.

Diwartakan sebelumnya Pasca bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tentang Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi (Kemenkumham) bakal mempalajari apa yang sudah disampaikan.

"Apa yang disampaikan dan dijelaskan oleh Pak AHY kami akan catat dan kemudian melakukan telaah dan lebih lanjut kepada dokumen yang diserahkan ini," ujar Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Cahyo R Muzhar di Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/3/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X