Ganjar hingga Gibran Teken Surat Pernyataan untuk Berperan Cegah Korupsi, Ini Isinya

- Kamis, 16 Juni 2022 | 19:54 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) bersama kepala daerah lainnya menekan surat pernyataan. (INDOZONE/Harits Tryan)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) bersama kepala daerah lainnya menekan surat pernyataan. (INDOZONE/Harits Tryan)

Para kepala daerah dan wakil kepala daerah yang juga kader PDIP, menandatangani surat pernyataan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Surat pernyataan itu meminta mereka untuk berperan pro-aktif mencegah dan/atau memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyaksikan penandatangan surat pernyataan. Para kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, hingga ratusan kepala daerah meneken surat pernyataan bermaterai di meja masing-masing.

Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai, Komarudin Watubun, memimpin langsung penekenan surat wajib bagi para Pejabat Penyelenggara Negara tersebut. Ia meminta para gubernur dan wakil gubernur menandatangani surat tersebut di depan.

“Dalam surat tersebut, mereka berkomitmen antara lain untuk berperan pro-aktif untuk mencegah dan/atau memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela,” kata Komaruddin di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Lalu di poin berikutnya, para kepala PDIP ini menyatakan tidak membuat janji dan/atau menerima janji apapun secara Iangsung atau tidak Iangsung, dari pihak manapun sehubungan dengan kewenangan dan/atau jabatan yang dimiliki.

Baca Juga: Atur Jumlah Pengunjung, Masuk Tebet Eco Park Harus Pakai Aplikasi

Berikut isi surat pernyataan para Kepala/Wakil Kepala Daerah:

SURAT PERNYATAAN 

Saya yang bertandatangan di bawah ini: 

Nama  :

Jabatan: 

Alamat :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa sebagai Pejabat Penyelenggara Negara: 

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X