Masyarakat Jateng Banyak Mengeluh soal Jalan Rusak, Ganjar: Selesai Sebelum Lebaran

- Rabu, 8 Maret 2023 | 19:20 WIB
Masyarakat Jateng banyak mengeluh soal jalan rusak, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selesai sebelum Lebaran. (Dok. Pemprov Jateng)
Masyarakat Jateng banyak mengeluh soal jalan rusak, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selesai sebelum Lebaran. (Dok. Pemprov Jateng)

Masyarakat Jawa Tengah banyak yang mengeluh soal jalan rusak mulai Baik jalan provinsi, jalan kabupaten dan kota, serta jalan desa dan kelurahan.

Adapun aduan terbanyak yang masuk ke aplikasi LaporGub soal kerusakan jalan kabupaten dan kota (1.358), kerusakan jalan desa dan kelurahan (895), permohonan bantuan pemerintah (759) dan kerusakan jalan provinsi (548).

Pemprov Jateng pun telah menindaklanjuti 778 aduan untuk jalan kabupaten dan kota, 558 aduan untuk jalan desa dan kelurahan, serta 126 aduan untuk jalan provinsi dengan kecepatan respons aduan rata-rata LaporGub 2 hari 14 jam 53 menit setelah masuknya aduan.

Merespons aduan jalan rusak, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, meminta seluruh kepala daerah untuk serius dalam merespons persoalan jalan rusak, dan menindaklanjuti keluhan masyarakat secepat mungkin.

Baca Juga: Ganjar Sudah Bangun 71 Puskesmas di Jateng, Semua Ada Dokternya

Dia pun memimpin Rapat Koordinasi (rakor) Penanganan Infrastruktur Sumber Daya Air dan Jalan, serta Upaya Pengendalian Kemacetan dan Keselamatan Lalu Lintas Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Rabu (8/3/2023).

Habiskan dana pemeliharaan

Di hadapan seluruh pemerintah kabupaten dan kota yang hadir, Ganjar menyampaikan banyak keluhan masyarakat yang masuk melalui aplikasi LaporGub soal jalan rusak. Baik jalan provinsi, jalan kabupaten dan kota, serta jalan desa dan kelurahan.

"Saya minta seluruh biaya pemeliharaan kalau perlu habiskan sekarang karena ini menjaga keselamatan rakyat. Maka saya minta laporan mereka, saya minta hitung jumlah lubangnya, progresnya dilakukan," ujar Ganjar.

Kepala daerah harus sigap

Dia juga  meminta seluruh kepala daerah untuk lebih tanggap dan lebih cepat dalam merespons aduan yang masuk, khususnya aduan soal jalan rusak agar dapat segera diperbaiki.

"Komplain dari masyarakat cukup banyak, sedangkan itu ada jalan pusat, jalan provinsi, kabupaten, kota sampai desa. Maka ini saya kumpulkan kawan-kawan untuk ada yang bisa merespons ini secara langsung," jelas Ganjar.

"Penting untuk menjelaskan ke masyarakat ini tidak bisa selesai langsung. Progres pengerjaan itu rakyat harus tahu, maka saya minta dilaporkan ke masyarakat," lanjut Ganjar.

Selesai sebelum Lebaran

Untuk mempercepat perbaikan jalan yang banyak dikeluhkan masyarakat, Ganjar juga telah menyiapkan skema alokasi anggaran darurat untuk membantu percepatan.

Baca Juga: Ini Pesan Gibran untuk Wali Kota Solo Berikutnya, Kira-kira Apa Ya?

Ganjar juga menargetkan optimalisasi perbaikan jalan, untuk persiapan menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X