Daripada Cemas karena Informasi Corona, Coba Lakukan Hal Ini

- Selasa, 3 Maret 2020 | 12:57 WIB
Ilustrasi orang memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Ilustrasi orang memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kemunculan virus corona sejak bulan Desember tahun lalu, membuat banyak orang dari berbagai belahan dunia khawatir.

Pasalnya, virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini terbilang sangat cepat menyebar ke penjuru dunia, termasuk juga Indonesia.

Baru-baru ini, Indonesia digemparkan dengan kasus dua orang WNI asal Depok yang terinfeksi virus corona. Kasus ini sontak saja membuat banyak orang dari berbagai wilayah di Indonesia merasa takut, cemas dan khawatir.

-
Ambulans RS EMC Sentul, datang ke RSPI Sulianti Saroso dengan membawa Seorang Pasien diduga terpapar virus corona sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (3/3/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Perasaan takut, cemas dan khawatir memang tergolong wajar dialami banyak orang. Apalagi, virus corona telah menelan korban hingga ribuan jiwa.

Belum lagi, dengan banyaknya informasi-informasi menakutkan soal virus corona yang semakin membuat banyak orang semakin cemas.

Sementara itu, Ahli kesehatan dari departemen psikiatri Case Western Reserve University School of Medicine, Jane Timmons-Mitchell mengatakan, daripada sibuk membaca dan mencari informasi tentang virus corona, alangkah lebih baiknya untuk berhenti menggali informasi, saat rasa cemas itu menghampiri.

-
Perempuan Diduga Terinfeksi Corona Dibawa ke Ruang Isolasi RSPI (INDOZONE/Arya Manggala)

Jika masih penasaran dan ingin tau tentang informasi virus corona, kamu bisa mengakses informasi tersebut sekali sehari. Namun, carilah informasi dari sumber-sumber terpercaya.

Jangan cari informasi dari media yang tak benar adanya alias hoaks, hingga akhinrya semakin menambah kecemasan.

Menurutnya, cemas adalah reaksi yang wajar dari seseorang saat ada bahaya.

"Ada banyak cara kecemasan bisa terwujud. Tetapi jika kita berpikir tentang penyakit fisik, Anda tahu apa gejalanya, Anda bisa fokus atau menjadi terlalu sadar akan apa pun yang ada di tubuh Anda yang bisa menjadi gejala-gejala tersebut," kata Jane dilansir dari The Verge.

Jane mengungkapkan, daripada terus mencari informasi tentang bahaya corona, alangkah lebih baik untuk mencari upaya mengurangi rasa cemas yang melanda.

-
Pemeriksaan warga oleh petugas untuk mencegah penyebaran virus corona.(ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Jane menyarankan, memahami segala sesuatu yang dapat meningkatkan penyebaran virus corona adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.

Misalnya saja, mencegah virus corona dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun dan mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

-
Ilustrasi orang olahraga. (pexels/Tirachard Kumtanom)

Tak hanya itu, Jane menyarankan semua orang, untuk mengurangi kecemasan, cobalah perbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X