Arab Saudi Buka Izin Umrah, Pemerintah Diminta Saring Calon Jemaah yang Berangkat

- Jumat, 25 September 2020 | 16:21 WIB
Pelaksanaan ibadah Haji 2020 di tengah pandemi virus corona. (Saudi Ministry Media of Saudi via REUTERS)
Pelaksanaan ibadah Haji 2020 di tengah pandemi virus corona. (Saudi Ministry Media of Saudi via REUTERS)

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik terkait keputusan pemerintah Arab Saudi yang akan membuka kembali ibadah umrah untuk warga asing atau luar negeri pada Oktober mendatang.

Mengenai itu, Dasco meminta agar pemerintah membuat aturan yang ketat terkait protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 terhadap WNI yang bakal menjadi jemaah umrah.

"Namun tetap saja kita mengimbau, meminta kepada pemerintah untuk kemudian melakukan protokol kesehatan yang ketat dalam menyaring, menyeleksi calon jemaah umrah yang akan berangkat ke Arab Saudi," ucap Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Ia pun menilai kalau pemerintah Indonesia dan Arab Saudi perlu melalukan pertemuan bilateral terkait rencana pembukaan izin umrah. Hal tersebut dilakukan guna menyamakan protokol kesehatan antara dua negara itu.

Kendati demikian, pemerintah Arab Saudi hingga saat ini belum terdapat rekomendasi kepada warga negara mana saja yang nantinya mendapatkan izin untuk umrah tersebut.

"Kemudian kami akan meminta pemerintah utk mengadakan pembicaraan bilateral untuk menyamakan prosedur protokol kesehatan yang ada di Arab Saudi dalam menyambut jemaah umrah," terangnya.

"Supaya terjadi sinkronisasi sehingga jemaah berangkat tidak ada kendala, begitu sampai di sana protokol Covid sudah disinkronisasikan antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi," tutup Dasco.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X