Susah Sinyal, Guru dan Siswa di Pelosok Cianjur Belajar Pakai HT

- Rabu, 29 Juli 2020 | 11:54 WIB
Seorang ibu di Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, mendampingi anaknya saat mendapat materi pelajaran mengunakan handie talky. (ANTARA/Ahmad Fikri)
Seorang ibu di Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, mendampingi anaknya saat mendapat materi pelajaran mengunakan handie talky. (ANTARA/Ahmad Fikri)

Polres Cianjur, Jawa Barat, meminjamkan Handie Talky (HT) untuk para guru dan siswa di pelosok daerah setempat yang kesulitan jaringan dan sinyal telepon pintar untuk mendukung proses pembelajaran secara daring selama masa pandemi COVID-19.

Perangkat komunikasi itu dipinjamkan kepada para siswa dan guru melalui bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah.

Selain faktor internet yang tidak stabil, para orang tua siswa kebanyakan tidak punya smartphone atau laptop untuk belajar anaknya. Terkait hal tersebut, Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto di Cianjur, mengatakan pihaknya terus berupaya membantu kesulitan warga selama pandemi COVID-19.

"Karena jarak yang jauh dan sulitnya medan yang dilalui, kami terinspirasi untuk membantu kesulitan siswa dan guru yang tinggal di pelosok dengan meminjamkan HT sebagai fasilitas untuk menjalani proses belajar mengajar secara 'online'," kata Juang Andi Priyanto, Rabu (29/7/2020).

Kapolres Cianjur bahkan mengumpulkan seluruh anggota bhabinkamtibmas dari masing-masing polsek terjauh untuk terlibat dalam aksi membantu warga dengan cara meminjamkan HT ke siswa dan guru agar tetap dapat menjalani proses belajar mengajar tanpa harus bertatap muka. Diketahui, selama ini para guru selalu menyambangi muridnya secara langsung.

Juang berharap bantuan HT tersebut bisa membantu para guru dan murid yang mengalami kesulitan belajar selama masa pandemi.

"Setidaknya program peduli pendidikan anak tetap berjalan, di mana guru tetap bisa membimbing siswa secara bersamaan tanpa harus mendatangi satu persatu ke rumahnya. Program ini sudah berjalan untuk guru dan siswa SD Mekarjaya dan SD Kebon Jeruk, Kecamatan Cilaku," ujar Juang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X