Pria yang Bunuh 10 Orang di Toronto Sempat Salahkan Autismenya, Kini Dinyatakan Bersalah

- Kamis, 4 Maret 2021 | 09:20 WIB
Alek Minassian, pria yang membunuh 10 orang dan menyalahkan autismenya (The Sun)
Alek Minassian, pria yang membunuh 10 orang dan menyalahkan autismenya (The Sun)

Seorang pria yang membunuh 10 orang di Toronto dengan mobil van telah dinyatakan bersalah setelah mencoba menyalahkan autisme.

Pria yang bernama, Alek Minassian yang berusia 28 tahun itu sengaja menumbangkan pejalan kaki di trotoar pada tahun 2018 dalam serangan tidak masuk akal yang mengejutkan dunia.

Mahasiswa teknologi, yang mengidentifikasi dirinya sebagai 'Incel' yang berarti 'tidak sengaja' dinyatakan bersalah hari ini atas 10 tuduhan pembunuhan tingkat pertama.

Dia juga dihukum atas 16 dakwaan percobaan pembunuhan lainnya.

Selama persidangannya, tim pembelanya berpendapat bahwa dia tidak dapat dimintai pertanggungjawaban pidana atas pembunuhan tersebut karena dia termasuk dalam spektrum autisme.

Namun, Dr Scott Woodside, seorang psikiater yang bersaksi untuk penuntutan, mengatakan penyerang tahu apa yang dia lakukan salah secara moral, dikutip dari The Sun.

Dia mengatakan Minassian mampu mengeluarkan pikiran negatif tentang korbannya seperti yang dilakukan pedofil ketika melecehkan anak di bawah umur.

"Dalam kasus ini, keputusannya bukanlah tentang penalaran, ini adalah sesuatu yang sangat ingin dia lakukan, apakah benar atau salah," kata Dr Woodside.

Pengacara pembelanya berpendapat bahwa autismenya berarti dia kurang empati dan tidak dapat memahami kerusakan yang akan dia timbulkan.

Pengadilan mendengar bagaimana Minassian merasa 'kosong' saat mengemudi dan 'fokus pada upaya untuk tidak menabrakkan mobil' selama penyerangan.

Saksi ahli mengatakan Minassian berharap untuk membunuh 100 orang dan berharap mendapatkan 'skor tinggi' tetapi senang dengan 10 orang.

Menurut profil LinkedIn si pembunuh, dia adalah seorang mahasiswa di Seneca College dan pengembang perangkat lunak dari Richmond Hill, pinggiran kota Toronto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X