Puncak Arus Mudik Jakarta Diperkirakan Berlangsung Malam Ini

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:39 WIB
Foto udara petugas gabungan melakukan penyekatan arus balik yang akan masuk ke Jakarta di Gerbang Tol Cikupa (Foto: INDOZONE)
Foto udara petugas gabungan melakukan penyekatan arus balik yang akan masuk ke Jakarta di Gerbang Tol Cikupa (Foto: INDOZONE)

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut akan terjadi puncak arus mudik dari Jakarta menuju ke arah luar Jakarta. Puncak arus mudik itu akan dimulai sejak sore ini hingga malam nanti.

"Prediksi puncak kepadatan mulai nanti sore sampai malam sampai dengan Rabu pagi. Sedangkan prediksi arus puncak sebaliknya Minggu siang sampai Senin," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/10/2020)

Kombes Sambodo mengatakan siang hari tadi pihaknya sudah mulai memberlakukan larangan truk tiga sumbu ke atas melewati jalur tol. Untuk itu dia menyebut sempat terjadi kemacetan di beberapa titik tol di Jakarta.

"Mulai siang tadi telah melakukan penyekatan truk sumbu tiga ke atas mulai tadi siang jam 12.00 WIB kendaraan sumbu Tiga ke atas tidak boleh melewati jalur tol, semua lewat arteri," ungkap Sambodo.

Seperti diketahui libur panjang Maulid Nabi akan berlangsung pada 29 Oktober 2020 sampai 1 November 2020. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bahkan sudah menyiapkan beberapa skenario pengamanan libur panjang itu.

Akan ada 645 pos pengamanan yang disiapkan oleh Polri di titik-titik ruas jalan arteri maupun tol hingga lokasi-lokasi tempat wisata. Sebanyak 160.916 personel gabungan pun dikerahkan untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang hendak berlibur.

Skenario selanjutnya yakni rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol seperti ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, pengaturan buka tutup di rest area, memperbanyak petugas card reader di pintu-pintu tol hingga melarang truk di atas tiga sumbu melintas di tol Jakarta-Cikampek. Skenario itu akan berlaku selama libur panjang Maulid Nabi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X