80 Warga Dievakuasi Akibat Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Terbakar

- Minggu, 14 November 2021 | 09:42 WIB
Kobaran api terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)
Kobaran api terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Usai terjadi kebakaran di salah satu tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, pada Sabtu (13/11/2021), Pertamina melakukan evakuasi terhadap 80 warga dari Kelurahan Lomanis ke tempat pengungsian.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan, untuk memastikan masyarakat sekitar tetap aman maka pihaknya melakukan tindakan evakuasi terhadap 80 warga Kelurahan Lomanis.

"Untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman, Pertamina sigap lakukan evakuasi sekitar 80 warga dari Kelurahan Lomanis  ke tempat pengungsian sementara," kata Ikfi dalam keterangannya dikutip Minggu (14/11/2021).

Disebutkan Ifki tempat pengungsian sementara berada di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis. Pertamina terus memaksimalkan upaya pemadaman dengan defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant serta pendinginan di area sekitar tangki yang terbakar.

Ia menuturkan bilamana Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 kilang Pertamina. Kemudian memiliki kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.

"Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah," tandas Ifki.

Sebelumnya diketahui Kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap di Jawa Tengah mengalami kebakaran pada Sabtu  (13/11) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Lokasi tangki yang terbakar itu berada di Banjaran, Kelurahan Donan, tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama Kilang RU IV Cilacap.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X