Mobilitas Kembali Naik, Imbasnya 1 Wilayah di Jakarta Masuk Zona Oranye

- Selasa, 9 November 2021 | 13:11 WIB
Mobilitas di wilayah Ibu Kota. (Foto/ANTARA/Aprillio Akbar)
Mobilitas di wilayah Ibu Kota. (Foto/ANTARA/Aprillio Akbar)

Hingga 15 November mendatang, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah ibu kota turun menjadi level 1. Turunnya level PPKM, membuat mobilitas masyarakat meningkat.

Terjadinya peningkatan mobilitas, membuat kasus Covid-19 di Jakarta kembali naik. Bahkan saat ini ada 1 wilayah di Jakarta yang masuk ke zona oranye atau beresiko sedang penyebaran corona, yakni Kelurahan Ancol, tepatnya RT 005/RW 004 di Pademangan, Jakarta Utara, yaitu sebanyak 3 kasus aktif Covid-19.

Sementara, 119 RT lainnya di Jakarta Utara masih berada dalam zona kuning, di mana hanya ada 1 sampai 2 rumah saja yang memiliki kasus Covid-19.

Perlu diketahui, wilayah zona oranye artinya dalam 7 hari terakhir ada 3 hingga 5 rumah yang penghuninya terpapar Covid-19. Wilayah zona oranye harus segera menerapkan pembatasan kegiatan pada tempat umum sektor non-esensial seperti tempat bermain anak dan rumah ibadah.

Di sisi lain, tren kenaikan kasus Covid-19 mulai terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kenaikan kasus di Jawa-Bali terjadi di 43 kabupaten/kota dari 128 kabupaten/kota.

"Kami akan mengumpulkan 43 kabupaten/kota di Jawa-Bali tersebut untuk segera mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan," kata Luhut, Senin (8/11).

Salah satu daerah yang mengalami kenaikan kasus adalah Provinsi DKI Jakarta.

"Di Jakarta di utara, timur, barat, selatan, itu hampir semua trennya sudah naik. Jadi saya mohon kita semua hati-hati melihat ini," kata Luhut.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 juga terjadi di luar Jawa-Bali. Terdapat 155 kabupaten/kota yang mengalami tren kenaikan kasus Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X