Pohon Tua Ratusan Tahun Tumbang Timpa Rumah dan Sekolah di Blora, 3 Orang Jadi Korban

- Selasa, 14 September 2021 | 23:25 WIB
Pohon berusia ratusan tahun tumbang timpa rumah dan sekolah di Blora (Instagram/andreli48)
Pohon berusia ratusan tahun tumbang timpa rumah dan sekolah di Blora (Instagram/andreli48)

Pohon jenis pulai yang dikabarkan sudah berusia ratusan tahun tumbang menimpa rumah warga dan sekolah di Desa Phole, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (14/9/2021) sekitar pukul 14.30 WIB.

Pohon yang berdiameter kurang lebih 150 sentimeter dan tinggi mencapai 60 meter itu terletak di tanah milik sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Todanan, yang ikut tertimpa runtuhan pohon.

"Pohon pule yang dikabarkan sudah berumur ratusan tahun ambruk menimpa rumah warga dan sekolah MI Todanan, di Desa Phole Todanan Blora Jawa tengah," tulis keterangan video, seperti yang dikutip Indozone melalui akun @andreli48, Selasa (14/9/2021).

Berdasarkan keterangan dari Kapolsek Todanan, Iptu Daknyo, pohon tua itu sudah keropos karena tahun lalu sempat terbakar dan ambruk karena terkena angin kencang dan hujan deras yang melanda Kecamatan Todanan hari ini. 

Pohon itu tumbang menimpa atap sekolah dan rumah milik Wardiono yang didalamnya terdapat 3 orang menjadi korban. 

"Korban berada di dalam rumah yang terletak di tenggara," kata Daknyo, Selasa (14/9/2021).

Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh seorang saksi yang mendengar suara retakan pohon akan roboh. Kemudian saksi berteriak hendak memberitahu orang di sekitar, tetapi sudah terlambat. 

"Pohon terlebih dahulu tumbang menimpa rumah tempat dimana ketiga korban berada. Setelah itu, dia melaporkannya ke Polsek Todanan," ujar Daknyo. 

Akibatnya, ketiga orang yang berada di dalam rumah, yakni Warsini (49) dan Apriliani (19) mengalami luka berat di kepala dan dirujuk ke RS Pati. Sedangkan mbah Slamet (80) mengalami luka ringan. 

Selain itu, kerugian material mencapai Rp150 juta, dikarenakan atap sekolahan dan rumah milik warga mengalami rusak berat.

-
Instagram/andreli48

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X