Terjerat Suap Izin Ekspor Benur, Edhy Prabowo Sindir Kinerja Menteri Sebelumnya: Amburadul

- Jumat, 18 Juni 2021 | 14:09 WIB
Edhy Prabowo (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Edhy Prabowo (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo mengungkit kinerja menteri sebelumnya yang membuat dia memikul beban berat saat menjadi menteri KP. Terutama ketika harus membangun sektor budi daya perikanan.

"Sekali lagi ini adalah kekurangan saya sebagai seorang pemimpin di organisasi KKP. Saya juga tidak berdalih atau menyalahkan (menteri-menteri sebelumnya). Tapi, bagaimanapun juga, beban kerja saya tidak ringan, saya harus menghadapi pada awalnya, kan tugas saya dua," kata Edhy, Rabu (16/6/2021).

Edhy mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang "diwariskan" kepadanya sangat amburadul. Namun, dia tidak menyebut nama menteri sebelumnya itu.

"Kemudian saya harus merapikan organisasi internal saya yang 151 orang kosong dari eselon I sampai IV. Kemudian saya harus memperbaiki kinerja pimpinan yang amburadul. Mohon maaf saya tidak bermaksud mengecilkan yang dulu, yang masih sangat kurang,” kata Edhy. 

Edhy mengklaim bahwa baru sedikit yang bisa dia rapikan di KKP, padahal masih banyak pekerjaan yang menumpuk dan masyarakat yang menunggu keputusan.

"Izin kapal ada yang nunggu, bagaimana aset kapal, aset perusahaan nggak jalan. Selama di Komisi IV saya tahu itu," ujarnya.

Karena itu, Edhy berharap agar dia dibebaskan dari kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster yang tengah menjeratnya.

"Saya sudah 6,5 bulan lebih ditahan di KPK. Saya tidak bangga, tetapi saya jalani sebagai tanggung jawab moral saya terhadap sebagai seorang menteri, sebagai seorang pemimpin di tempat ini," lanjut Edhy.

"Saya harap dari hasil kesaksian 70 lebih yang dihadirkan di sini, majelis hakim dalam tuntutan maupun putusan bisa membebaskan saya. Tapi saya tidak akan lari dari tanggung jawab, makanya saya hadir di sini," kata Edhy. 

Diketahui, Edhy didakwa menerima suap sekitar Rp25,7 miliar dari para eksportir benih lobster untuk pengurusan izin budidaya lobster dan izin ekspor benur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X