Tangis Kakak Abrip Asep, Pasien RSJ Aceh Ternyata Bukan Adiknya, Hasil Tes DNA Negatif

- Kamis, 17 Juni 2021 | 18:28 WIB
Kakak Abrip Asep, Mahyudin, menangis setelah hasil tes DNA pasien RSJ Zainal Abidin negatif. (instagram Manaberita)
Kakak Abrip Asep, Mahyudin, menangis setelah hasil tes DNA pasien RSJ Zainal Abidin negatif. (instagram Manaberita)

Masih ingat dengan sosok pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Zaenal Abidin, Banda Aceh yang sempat dikira sebagai Ajun Brigadir Polisi (Abrip) Asep yang hilang sejak gempa-tsunami Aceh tahun 2004 lalu?

Ya, setelah dilakukan tes DNA terhadap dirinya, ternyata pasien tersebut diduga bukan Asep.

Pasalnya, hasil tes DNA pasien RSJ tersebut negatif atau tidak cocok dengan DNA keluarganya yang berada di Lampung.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Kedokteran Polisi (Kasubiddokpol) Biddokes Polda Lampung AKBP Legowo Hamijaya, saat menyerahkan hasil tes DNA ODGJ tersebut kepada keluarga Asep, Senin (14/6/2021).

Meskipun hasil tes DNA negatif, kakak kandung Abrip Asep, Mahyudin, merasa hasil tes DNA tersebut keliru. 

-
Kolase foto pria di RSJ Aceh dan Abrip Asep. (Instagram Manaberita)

Sampai sekarang, keluarga Asep masih meyakini bahwa pasien RSJ tersebut adalah Asep.

"Kami meyakini dengan ciri-ciri yang kami lihat," kata Mahyudin.

Karena keyakinan itu, Mahyidin bertekad datang langsung ke RSJ Zaenal Abidin untuk melihat pasien RSJ yang mirip adiknya itu.

"Selama ini saya belum pernah bertatap muka secara langsung dengan adik saya, Asep. Harapan kami, kami bisa bertatap muka dengan terduga Asep untuk memastikan betul atau tidaknya beliau," katanya.

Saat menyampaikan harapannya lebih lanjut, Mahyudin tak dapat menahan tangis, terutama saat teringat pesan ibunya sebelum meninggal, agar mencari keberadaan Asep karena ibunya yakin Asep masih hidup.

"Selama ibu saya masih hidup, ibu selalau berpesan pada saya, untuk mencari adik saya, karena ibu saya yakin adik saya sampai detik ini masih hidup. Mungkin, ibu menuntun kami untuk bertemu dengan adik kami," kata Mahyudin sambil menahan tangisnya.

Seperti diketahui, pasien RSJ Zaenal Abidin yang diduga sebagai Abrip Asep pertama kali ditemukan oleh seorang polisi bernama Iswan Atlas.

"Assallamualaikum selamat siang Rekan2 Atlas 351 Nusantara, pada hari ini Rabu 17 Maret 2021 Pukul 10.30 bertempat Rumah Sakit Jiwa Zaenal Abidin Banda Aceh Saya Bripka Indra S Anggota Polda Subdit Kamneg DIT IK Polda Telah melakukan Pengecekan dan koordinasi ke Pihak RSJ Banda terhadap Pasien Yg di duga Anggota Resimen II Pelopor Anggkatan 351 99/00 yang hilang pasca Tsunami 2004 an BHARAKA ASEP(Poskotis Brimob Peukan Bada Bada Aceh)," tulisnya di Facebook.

Sejumlah polisi yang bertemu dengan pasien RSJ itu yakin bahwa dia memang Asep si anggota Brimob, meskipun pasien tersebut tak bisa diajak bicara.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X