Para Menteri Diminta jangan 'Lompat Pagar' dan Narsiskan Diri

- Rabu, 11 Mei 2022 | 13:46 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat memimpin rapat bersama menteri di Istana Merdeka, Jakarta. (ANTARA/Bayu Prasetyo)
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat memimpin rapat bersama menteri di Istana Merdeka, Jakarta. (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Masinton Pasaribu sepakat dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta jajaran Menterinya agar fokus bekerja dan tidak mengurusi Pemilu 2024.

"Pesan Presiden Jokowi sangat jelas kepada menteri-menterinya agar berfokus pada pelaksanaan tugas membantu presiden khususnya pada agenda-agenda prioritas dan strategis negara yaitu mensukseskan seluruh tahapan pelaksanaan agenda pemilu 2024, penanggulangan pandemi dan mengantisipasi gejolak ekonomi global yang berdampak pada perekonomian nasional," kata Masinton kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

Ditekankan Masinton, sebagai pembantu Presiden maka para Menteri harus bisa mendisiplinkan diri guna fokus pada tugasnya masing-masing. Jangan malah 'lompat pagar' mengurusi segala hal yang bukan bidangnya.

"Menteri-menteri sebagai pembantu presiden harus mendisiplinkan diri untuk berfokus pada bidang tugasnya masing-masing. Jangan lompat pagar mengurusi segala hal yang bukan bidang tugasnya," tegas Masinton.

Ia menjelaskan bahwa ketatanegaraan Indonesia menganut sistem presidensial, di mana rakyat memberikan mandat dan legitimasi langsung kepada presiden dan wakil presiden melalui pemilu.

Kemudian para Menteri yang sudah dipilih oleh Presiden harus konsisten kepada tugas definitif yang telah dimandatkan.

"Serta mampu memahami kondisi sulit masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19. Kondisi sulit ini seperti ilalang kering yang mudah terbakar. Menteri-menteri jangan memantik api ke ilalang kering," beber Masinton.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri dan Presiden Korsel Lakukan Pertemuan Bilateral, Ini yang Dibahas

Maka dari itu, lanjut Masinton, Mentrri yang menjabat sekarang ini harus memprioritaskan agenda pemerintahan Presiden Jokowi. Bukan malah menjalankan agenda politi pribadi kala ingin menjadi capres.

"Menteri-menteri wajib memprioritaskan agenda pemerintahan Presiden Jokowi dan bukan menarsiskan diri menjalankan agenda politik pribadi ingin menjadi calon presiden," tandasnya.

Sebelumnya diketahui Presiden Jokowi mengatakan tahapan pemilihan umum 2024 akan dimulai pertengahan 2022 dan dia mengingatkan jajarannya untuk fokus bekerja.

"Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini saya juga minta menteri kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja ditugasnya masing-masing," kata Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X