Mahkamah Agung Meksiko Menghapus Larangan Penggunaan Ganja untuk Rekreasi

- Selasa, 29 Juni 2021 | 14:40 WIB
Ilustrasi ganja. (Pexels/Aphiwat chuangchoem)
Ilustrasi ganja. (Pexels/Aphiwat chuangchoem)

Mahkamah Agung Meksiko memerintahkan pemerintah pada hari Senin (28/6/2021) mengeluarkan izin untuk penggunaan pribadi ganja dan untuk menanam tanaman pot dalam jumlah terbatas, setelah Kongres negara itu terlalu lama menyetujui undang-undang legalisasi terbatas.

Dikutip dari Associated Press, pada tahun 2019, pengadilan memutuskan bahwa pelarangan ganja tidak konstitusional, dan memberi waktu kepada anggota parlemen hingga 30 April lalu untuk mengesahkan undang-undang.

Pada bulan Maret, majelis rendah menyetujui RUU legalisasi ganja, tetapi macet di Senat.

Berdasarkan keputusan pengadilan pada hari Senin, orang yang ingin merokok ganja atau menanam beberapa tanaman untuk digunakan sendiri dapat meminta izin pemerintah sampai beberapa undang-undang diberlakukan.

Mereka harus menjadi orang dewasa, di mana tidak menggunakan ganja di depan anak-anak dan menahan diri dari mengemudi atau terlibat dalam risiko lainnya saat berada di bawah pengaruh.

Anggota parlemen yang mendukung RUU itu mengatakan akan memindahkan pasar ganja dari tangan kartel narkoba Meksiko yang kuat kepada pemerintah.

Tetapi para ahli khawatir perusahaan transnasional akan menjadi penerima manfaat utama daripada konsumen atau petani yang telah membentuk anak tangga terendah dari rantai produksi ganja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X