Pemerintah Siapkan 42 Mobil Listrik, Sambut Tamu di KTT G20

- Kamis, 25 November 2021 | 12:38 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerima 42 mobil listrik Hyundai Ioniq untuk mendukung pelaksanaan G20 di Indonesia. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerima 42 mobil listrik Hyundai Ioniq untuk mendukung pelaksanaan G20 di Indonesia. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 pada 1 Desember 2021 mendatang.

Dalam konferensi itu, isu yang akan diangkat oleh Presidensi Indonesia adalah pertumbuhan yang inklusif, berpusat pada masyarakat serta isu ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Selama KTT berlangsung, pemerintah akan menyiapkan mobil listrik sebagai kendaraan tamu.

Sejalan dengan hal itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto baru saja melakukan serah terima mobil listrik dari Hyundai Motors, di mana mobil itu akan digunakan bagi tamu KTT.

“Ini salah satu langkah konkret Indonesia dalam ketersediaan electric vehicle (EV). Ini menjadi fasilitas negara untuk Sherpa (G20) yang akan digunakan oleh pimpinan dan tamu-tamu negara,” ujar Airlangga, Rabu (24/11).

Sebanyak 42 unit mobil listrik diserahkan oleh Hyundai kepada pemerintah Indonesia. Namun, mobil tersebut hanya dipinjamkan dan akan dikembalikan saat acara berakhir.

“Kami mengapresiasi investasi manufaktur Hyundai USD 1,5 miliar untuk pusat manufaktur. Pemerintah memang mendorong basis produksi EV. Setelah G 20, tentunya akan dikembalikan,” kata Airlangga.

Selain menyediakan mobil listrik, pemerintah juga mengadakan pelatihan bagi para pengemudi mobil listrik tersebut.

"Akan ada 42 unit mobil digunakan untuk Sherpa meeting. Ini juga dilengkapi kebutuhan pendukung. Nanti secara khusus akan ada pelatihan pengemudi dan sudah terdapat dua unit charging station,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X