Usai Dikembangkan di AS, Vaksin Nusantara Diuji Coba di Indonesia

- Jumat, 16 April 2021 | 14:00 WIB
Jubir pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (photo/Instagram/@wikuadisasmito)
Jubir pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (photo/Instagram/@wikuadisasmito)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut bahwa Vaksin Nusantara tidak dikembangkan di Indonesia. Namun katanya, vaksin yang digagas oleh Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto itu dikembangkan di Amerika Serikat, dan diuji coba ke masyarakat Indonesia.

“Vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di AS. Dan diujicobakan di Indonesia,” katanya dalam konferensi persnya, Kamis (15/4/2021). 

Wiku menambahkan, setiap vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat harus memperoleh izin dari BPOM. Wiku memastikan pemerintah akan mendukung vaksin yang layak dan mendapat izin BPOM.

“Pada prinsipnya, semua vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat, harus mendapat izin dari BPOM. Terutama dalam aspek keamanan, efikasi, dan kelayakan. Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan,” ujarnya.

Untuk itu, Wiku meminta agar tim pengembang vaksin dapat berkoordinasi dengan BPOM. Sehingga ke depannya, isu yang berkembang terkait vaksin ini dapat terselesaikan.

“Diharapkan, tim pengembang vaksin nusantara dapat berkoordinasi dengan baik dengan BPOM agar isu yang ada terkait vaksin ini dapat segera terselesaikan,” pungkasnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X