Sekolah Asal Spanyol Ini Hadirkan Suasana KBM di Pantai!

- Rabu, 14 April 2021 | 11:37 WIB
Tampilan proses KBM di pantai. (photo/Dok. Asia One via REUTERS)
Tampilan proses KBM di pantai. (photo/Dok. Asia One via REUTERS)

Pasti kamu pernah dong berpikiran untuk bersekolah di pantai. Hal ini ternyata dilakukan oleh salah satu sekolah di Murcia, Spanyol. Setelah setahun belajar secara jarak jauh dan ruang kelas yang berjarak sosial, pihak sekolah itu malah melakukan hal baru, yaitu mengajar di pantai untuk menghadirkan suasana udara bersih dan cara mengajar baru.

Di luar sekolah Felix Rodriguez de la Fuente, anak-anak yang memakai topeng duduk di depan papan tulis portable di deretan meja hijau yang ditempatkan dengan rapi di pantai berpasir Playa de los Nietos. Hal itu ternyata dapat komentar dari guru bahasa Inggris, Juan Francisco Martinez. 

“Aman, anak-anak bersenang-senang,” ungkap Juan Francisco Martinez.

"Apa yang mereka pelajari di sini tidak mereka lupakan.” lanjutnya. 

Beberapa murid yang hadir tanpa alas kaki, menggoyangkan jari-jari kaki mereka di pasir ketika mereka memainkan xylophone, sementara yang lainnya berjongkok di atas buku kerja mereka untuk mencegah angin sepoi-sepoi meniup kertas mereka ke laut. 

Pelajaran ini merupakan bagian dari proyek yang lebih luas yang dikenal sebagai Fresh Air, bertujuan untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik untuk anak-anak selama pandemi COVID-19, termasuk melalui pembelajaran di ruang terbuka. 

Guru juga mulai mempersiapkan pantai pada jam 8 pagi. Delapan kelas mengambil bagian dalam pelajaran 20 menit dan kelompok bergilir di area yang berbeda. Anak-anak di sekolah yang berusia 3 sampai 12 tahun dan tetap berada di gelembung kelas mereka. Melihat hal itu, sejumlah murid memberikan komentarnya.

“Saya suka pergi ke pantai!” ungkap Antonio Fernandez yang berusia 9 tahun. 

 "Saya lebih suka berada di pantai karena saya merasa lebih santai dan nyaman." lanjutnya. 

“(Ini) sangat bagus karena saya bersama teman-teman, saya di pantai, saya suka pantai, di musim panas saya selalu datang ke sini untuk berenang setiap hari dan saya suka pasir. ” ungkap Luiz berusia 10 tahun. 

Dan bukan hanya pengaturan pantai. Anggota asosiasi penduduk terdekat telah menghidupkan era Romawi dengan berpakaian seperti tentara dan nelayan setempat dengan menunjukkan jala kepada anak-anak dan menjelaskan dari mana makan malam mereka berasal. 

“Nelayan mengajari siswa cara memancing ... bagaimana mereka sendiri dapat memberi kami makan pada saat pandemi,” kata kepala sekolah Alfonso Vera.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X