Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemerintah Bantu Rp385 Juta Untuk Kelompok Tani Aceh Barat

- Rabu, 23 Juni 2021 | 11:26 WIB
Ilustrasi: Petani memetik cabai merah saat panen di kebun miliknya di Desa Suak Ribe, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (3/11/2018). (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)
Ilustrasi: Petani memetik cabai merah saat panen di kebun miliknya di Desa Suak Ribe, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (3/11/2018). (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

Sebanyak 105 orang kaum perempuan yang terbagi dalam tujuh kelompok tani di tujuh kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, mendapatkan bantuan modal usaha sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di sektor palawija.

“Tujuan pemberian bantuan keuangan ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, guna meningkatkan ketahanan pangan terhadap kelompok tani di tengah kondisi pandemi COVID-19,” kata Plt Kepala Dinas Pangan Kabupaten Aceh Barat Azim di Meulaboh, Selasa (22/06), seperti dilansir Antara.

Ia merincikan, bantuan sebesar Rp385 juta itu bakal dibagi kepada tujuh kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan di Aceh Barat, dengan jumlah bantuan masing-masing sebesar Rp55 juta per kelompok.

Ia mengatakan bahwa bantuan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021.

"Program ini harus bisa memberikan manfaat dan syafaat bagi masyarakat, dan tidak boleh diselewengkan atau tidak digunakan sesuai peruntukan,” katanya. pada umumnya dan para kelomapok tani pada khususnya khususnya.

Selain itu, ia juga menekankan penerima dana bantuan dari pemerintah ini, adalah para anggota kelompok tani yang mempunyai perkarangan untuk ditanami tanaman palawija.

Ada pun sasaran kelompok penerima bantuan itu masing-masing Kelompok Wanita Bungong Jeumpa Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan. Kelompok Wanita Mawar Merah Desa Teladan Kecamatan Kaway XVI, Kelompok Wanita Bungong Ban Timoh Desa Pasi Janeng Kecamatan Woyla Timur.

Kemudian Kelompok Tani Kajeung Kecamatan Sungai Mas, Kelompok Wanita Harapan Jaya Desa Lek Lek Kecamatan Panton Reue, Kelompok Desa Meulue Cut Desa Liceh Kecamatan Bubon, serta Kelompok Wanita Bungong Ban Keumang Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Azim berharap masing-masing kelompok tani yang mendapat bantuan tersebut, nantinya agar bisa mempergunakan dana bantuan dari pemerintah dengan sebaik-baikjnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X