Diduga Telah Menguasai Lembah Panjshir, Taliban Merayakan dengan Tembakan di Kabul

- Sabtu, 4 September 2021 | 10:26 WIB
Taliban diduga telah menguasai lembah Panjshir. (REUTERS/Stringer)
Taliban diduga telah menguasai lembah Panjshir. (REUTERS/Stringer)

Tembakan terdengar di seluruh Kabul pada hari Jumat setelah muncul laporan bahwa pasukan Taliban telah menguasai lembah Panjshir. Seorang komandan Taliban mengklaim bahwa Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRFA) telah dikalahkan.

"Dengan rahmat Allah SWT, kami mengendalikan seluruh Afghanistan. Para pembuat onar telah dikalahkan dan Panjshir sekarang berada di bawah komando kami," kata seorang komandan Taliban, dikutip dari Reuters.

Dilansir India Today, jurnalis Tolo News yang berbasis di Afghanistan, Ziar Khan Yaad, men-tweet video tentang apa yang tampak seperti tembakan perayaan di Kabul.

Baca juga: Ratusan Orang Memadati Kawasan Bank di Kabul karena Penarikan Uang Dibatasi

Tapi, Taliban belum mengkonfirmasi secara resmi tentang situasi di Panjshir. Namun, menurut sebuah sumber, penduduk setempat mengatakan bahwa laporan kemenangan Taliban menguasai lembah Panjshir tidaklah benar.

NRFA, yang dipimpin oleh Ahmad Massoud dan para pendukungnya, telah menjaga Panjshir dari Taliban. Panjshir tetap menjadi provinsi Afghanistan terakhir yang tidak jatuh di bawah ekstremis.

Setelah berhari-hari negosiasi tanpa hasil untuk penyelesaian, Taliban telah meluncurkan serangan multi-berkepanjangan di Panjshir. Baku tembak antara Taliban dan front perlawanan telah dilaporkan sepanjang minggu ini. Dilaporkan, 350 pejuang Taliban tewas sementara 40 ditangkap oleh NRFA selama pertempuran Khavak awal pekan ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X