Makhluk Misterius Berbulu Lebat dan Berbau Menyengat di Sumbar Akhirnya Terungkap

- Rabu, 9 Juni 2021 | 12:18 WIB
Kemunculan makhluk misterius. (Foto: Instagram/@bksda.resor.agam)
Kemunculan makhluk misterius. (Foto: Instagram/@bksda.resor.agam)

Warga sempat dihebohkan dengan kemunculan makhluk misterius di kawasan Palembayan Tangah, Nagari IV Koto Pelembayan, Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Warga yang melihat menyebutkan jika makhluk misterius tersebut memiliki ciri-ciri berbulu lebat, berdiri dua kaki dan berbau menyengat.

Resor KSDA Agam akhirnya melakukan penanganan terhadap informasi makhluk misterius itu. Setelah sepuluh hari lebih melakukan penanganan, pihak KSDA Agam menyimpulkan bahwa makhluk misterius yang menghebohkan warga setempat beberapa waktu lalu adalah satwa beruang madu (Helarctos malayanus).

"Kesimpulan ini diperkuat setelah adanya pengecekan terhadap camera trap yang dipasang BKSDA sejak hari Sabtu (5/6/2021) lalu. Berdasarkan hasil rekaman camera trap terpantau satwa beruang madu melintas di depan kamera pada tanggal 6 dan 7 juni 2021," tulis keterangan dalam akun resmi Instagram Resor KSDA Agam @bksda.resor.agam seperti dikutip, Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA: Kisah Monster Air Misterius Berwajah Sedih di Teluk Monterey

Dalam unggahan di Instagram, pihak Resor KSDA Agam menjelaskan pihaknya telah melakukan pemasangan kamera pada lokasi kemunculan makhluk misterius yang dilihat warga beberapa waktu sebelumnya.

Dari 3 kamera yang dipasang, satwa beruang terpantau hanya pada 1 kamera yang berada di belakang rumah warga, Syofian (55 tahun) yang berjarak 10 meter dari pinggir jalan raya Palembayan-Simpang Patai, Palupuh.

Pemasangan kamera dilakukan BKSDA setelah mendapatkan laporan kembali dari Wali Jorong Palembayan Tangah, Khairul Amri bahwa ada warga melihat makhluk misterius di belakang rumahnya.

BKSDA sudah menduga bahwa makhluk itu diduga adalah beruang madu. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil identifikasi lapangan yang menemukan jejak dan cakaran identik dengan beruang madu.

"Namun informasi yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa makhluk tersebut adalah makhluk gaib. Sehingga hal ini menimbulkan kehebohan dan keresahan warga setempat," tulis keterangannya lagi.

-
Kemunculan beruang madu.

Untuk menjawab keresahan warga, pada hari Sabtu (05/06/2021), BKSDA memasang camera trap (kamera jebak) sebanyak 3 unit.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran visual dari makhluk yang telah menghebohkan warga beberapa minggu ini.

Hingga akhirnya pada hari Selasa (08/06/2021), BKSDA melakukan pengecekan terhadap kamera yang dipasang. Dari 3 kamera yang dipasang, kamera 1 yang berada di jorong Pasa Palembayan berhasil menangkap gambar visual satwa yang melintas berjenis beruang madu.

Berdasarkan adanya hasil gambaran visual ini, BKSDA akan melakukan penanganan satwa.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X