Anak Ayam Untuk Siswa di Bandung Bakal Dibagikan Mulai 21 November

- Kamis, 14 November 2019 | 23:01 WIB
photo/Ilustrasi/Unslpash/@ninjason
photo/Ilustrasi/Unslpash/@ninjason

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung mengatakan akan mulai membagikan anak ayam kepada siswa SD dan SMP di Kota Bandung pada 21 November 2019.

"Mudah-mudahan 21 November bertepatan dengan kegiatan Bandung menanam jilid satu," kata Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gingin Ginanjar di Bandung, Kamis.

Tapi, ia masih belum dapat merincikan teknis pembagiannya karena menurutnya pihaknya perlu melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung serta Wali Kota Bandung Oded M Danial sebagai penggagas program tersebut.

Seperti diketahui, program bagi-bagi anak ayam inia adalah langkah Pemerintah Kota Bandung untuk membangun karakter siswa agar mengurangi ketergantungan terhadap gawai.

Gingin mengatakan dalam tahap pertama tersebut, pihaknya bakal menyiapkan hingga 2.000 ekor anak ayam untuk dibagikan. Adapun wilayah pertama yang akan dibagikan yakni sejumlah sekolah di Kecamatan Gedebage dan Kecamatan Cibiru.

"Kita akan menyiapkan. Karena kondisi hari ini agak sulit karena cuaca, ayam (produksinya) lagi turun. Kita coba cari ke berbagai suplier," katanya.

Selain itu, Gingin juga mengatakan nantinya para siswa akan diberi anak ayam sementara siswi diberi bibit tanaman cabe dan lainnya. Dia juga menyebut pihaknya akan memerhatikan rumah siswa untuk tempat pemeliharaan ayam.

Tapi, menurutnya, program tersebut tidak mempunyai anggaran khusus. Untuk itu, menurutnya Pemkot Bandung telah menggandeng sejumlah komunitas yang siap berperan dalam program bagi-bagi anak ayam itu.

"Dispangtan itu konteks beri dukungan teknis, bagaimana merawat, budidaya. Karena bukan program APBD, nanti didukung  komunitas. Karena di awal tidak ada anggaran," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X