Saat Anies Baswedan Nostalgia Momen PKS Bisa Menangkan SBY di Pemilu 2004

- Minggu, 26 Februari 2023 | 12:55 WIB
Anies Baswedan. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Anies Baswedan. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) di Pilpres 2024. Keputusan politik tersebut diambil setelah PKS menggelar Musyawarah Majelis Syura Vlll. 

Usai diusung sebagai Capres, Anies mengatakan, dukungan yang menggelora dari ribuan kader partai dakwah mengingatkannya pada Pemilu 2004 silam. Saat itu, dukungan PKS kepada pasangan calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK), berhasil membuahkan kemenangan. 

Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat memberikan sambutan di acara Puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS di Stadion Madya GBK, Jakarta, Minggu (26/2/2023). 

“Semangat ini mengingatkan kita semua pada suasana hampir 20 tahun yang lalu menjelang pilpres 2024, apakah masih ingat? di tahun itu, tahun 2004, PKS adalah partai yang pertama kali bergabung dalam koalisi untuk mencalonkan bapak Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden RI 2004, dan apa hasilnya? kemenangan,” kata Anies.

Baca Juga: Diusung Jadi Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan Hadiri Apel Siaga Pemenangan Pemilu PKS

Setelah SBY dan JK terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden, kata Anies, mulai terasa ada perbaikan serta perubahan di dalam negeri. Kemudian, Anies juga mengenang kembali ketika PKS mendukungnya pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, beberapa tahun lalu.

“Semangat 2004 itu terasa pada 7 tahun yang lalu di akhir 2016 saat PKS memberikan mandat kepada kami sebagai calon Gubernur DKI Jakarta menjadi babak baru perjalanan kami bersama PKS,” ungkap Anies. 

Kemudian, Anies menyinggung soal hasil survei lembaga penjaringan opini yang menempatkan PKS di posisi bawah. Namun, kata dia, PKS justru tidak melemah dan meningkatkan semangatnya menuju kemenangan.

“Dihadapkan dengan angka-angka survei saat itu kader-kader PKS bukannya ciut. Justru malah semangatnya berlipat ganda,” tandasnya. 

Baca Juga: Anies Sebut Jalan PKS Mendukungnya Gak Mudah, Ada Rayuan hingga Tekanan 

Anies mengungkapkan, kemenangan pada Pilgub DKI Jakarta bukan semata karena adanya logistik atau kekuasaan yang kuat. Tetapi, hasil dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas. 

“Selama 5 tahun perjalanan mengemban amanah di DKI Jakarta, PKS selalu mendampingi, selalu mendukung, selalu mengawal erat usaha dan alhamdulillah keberhasilan kita semua bekerja telah membawa perubahan di Jakarta,” tuturnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengharapkan, kemenangan pada Pilpres 2004 dan Pilgub DKI bisa kembali terulang di Pemilu 2024 mendatang. Dia pun lantas meminta para kader PKS agar menyiapkan diri untuk menghadapi pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang. 

“PKS menggaung keraskan bara perjuangan, perjuangan untuk apa? perjuangan untuk bersama-sama memperbaiki, bersama-sama memajukan bangsa yang kita cintai. Apakah semuanya siap? Apakah semuanya siap? Apakah semuanya siap?” ucap Anies. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X