Wagub Riza Patria Ungkap 3 Penyebab Banjir di Jakarta

- Senin, 19 Oktober 2020 | 10:02 WIB
Warga melintasi banjir di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga melintasi banjir di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan beberapa penyebab banjir. Namun sebelumnya, ia menjelaskan bahwa wilayah ibu kota memiliki luas wilayah dengan dataran yang rendah.

"Jadi ada tiga yang menyebabkan banjir di Jakarta, pertama banjir lokal ya. Kemudian banjir dari hulu ya dari dataran tinggi, dan ketiga banjir dari rob ya dari laut yang pasang," ucap Riza kepada awak media, Minggu (18/10/2020).

Lebih lanjut, politisi Partai Gerindra ini pun mengatakan perlu disampaikan jika curah hujan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan dan tidak seperti biasanya.

Ditambah lagi terdapat anomali cuaca pada perubahan-perubahan iklim, seperti yang terjadi pada saat ini adalah fenomena iklim La Lina pada akhir tahun 2020.

"Dan yang lain lagi yang perlu diantisipasi ya. Ada anomali cuaca perubahan iklim termasuk ada La Nina, ya kemungkinan Desember," terang Riza.

Oleh sebab itu, Riza mengatakan bahwa debit air atau penambahan air akibat curah hujan yang tinggi akan terjadi pada akhir tahun ini, hingga pada awal 2021 akan mengalami peningkatan.

"Jadi dipastikan di akhir tahun ini di awal tahun depan itu terjadi peningkatan debit air atau penambahan air," pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X