Jalan Tol Cipali Ambles, Komisi V DPR: Perlu Ada Evaluasi Menyeluruh

- Rabu, 10 Februari 2021 | 11:46 WIB
Foto udara jalan tol ambles di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/M Agung Rajasa)
Foto udara jalan tol ambles di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/M Agung Rajasa)

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie menilai diperlukannya evaluasi terhadap pengelolaan jalan tol yang ada di Indonesia. Hal ini menyusul amblasnya jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 dari Cirebon arah Jakarta.

"Mangkanya saya kira perlu ada evaluasi menyeluruh. kok bisa jalan tol sebegitu mudah ambles," ungkap Syarif kepada Indozone, Rabu (10/2/2021).

Kata Syarif, evaluasi tersebut diperlukan untuk mengetahui apakah pembuatan tol di seluruh Indonesia sudah sesuai dengan standar yang ada. Pasalnya jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan diperlukan kenyamanan hingga keamanan bagi pengendara.

"Jadi bagaimana konstruksi jalan tol. Apa benar kelas satu (dan) enggak bisa asal jadi karena mengejar waktu dan sebagainya. Jalan tol spesial dilewati kendaraan yang kecepatan cepat," tuturnya.

BACA JUGA: PUPR Akui Layanan Jalan Tol Saat Ini Dalam Kondisi Kurang Baik

Secara pribadi dia akan menyarankan ke Komisi V DPR RI untuk membuat panitia kerja (Panja) terkait evaluasi jalan tol yang ada di Indonesia. Dengan demikian jalan tol tak ada lagi yang berlubang ataupun ambles sehingga merugikan pengendara yang akan melintas.

"Kalau saya pribadi, saya akan usulkan dijadikan panja dalam rangka evaluasi jalan tol supaya tidak terulang lagi pembangunan jalan tol yang baru seperti ada yang sekarang ini," tandasnya.

Sekadar informasi, ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 122 arah Jakarta mengalami ambles pagi tadi. Ambles jalan tol tersebut berawal dari adanya keretakan di ruas jalan tol tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X