Viral Buku Soal 'Pak Ganjar Tidak Pernah Salat' Ini Tanggapan Ganjar Pranowo

- Rabu, 10 Februari 2021 | 09:28 WIB
Kiri: Soal memuat nama
Kiri: Soal memuat nama

Buku pelajaran yang memuat dua soal dengan nama "Pak Ganjar" tengah ramai jadi pembicaraan.

Salah satu soal berbunyi:

Walaupun mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur dengan menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha. Pak Ganjar termasuk orang yang
a. beruntung
b. beriman
c. rugi
d. sukses

Sementara soal lainnya bertuliskan:

Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur. Sebagai orang Islam, ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang
a. beruntung
b. beriman
c. bangkrut
d. rugi

Soal ini kemudian dihubungkan kepada Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jateng. Sebelumnya, sempat viral juga soal yang membawa-bawa nama Anies dan Mega.

Terkait soal tersebut, Ganjar Pranowo menilai perlu klarifikasi lebih jauh agar tidak menjadi keributan. Dia juga menambahkan bahwa yang bernama Ganjar ada banyak.

"Mungkin kritikan buat saya. Salat harus kenceng, kalau Idul Adha harus sembelih sapi. Mungkin penulisnya memberi kritik untuk yang namanya Ganjar, tapi kan Ganjar-nya banyak," ujar Ganjar Pranowo, Selasa (9/2/2021).

Sementara itu, General Manager PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Mas Admuawan, selaku penerbit buku pelajaran itu menyampaikan klarifikasi.

Dia menegaskan nama Ganjar dalam soal tersebut tidak berkaitan dengan Ganjar Pranowo karena buku tersebut terbit di tahun 2009.

"Jadi Pak Ganjar itu sekadar contoh sebuah nama di soal saja. Terbitnya tahun 2009. Sementara Pak Ganjar (Gubernur Jateng) mulai 2013. Jadi empat tahun sebelumnya," kata dia.

Dia mengaku buku soal tersebut hanya memuat nama yang tidak bias gender dan tidak SARA, karena itulah digunakan nama Ganjar yang cukup umum.

Penerbit menegaskan tidak punya tendensi mengaitkan soal tersebut dengan Ganjar Pranowo. Admuawan berjanji akan segera merevisi nama Ganjar dalam buku tersebut.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X