Ragunan Dibuka Mulai 20 Juni, Akan Terapkan Protokol Kesehatan

- Minggu, 14 Juni 2020 | 16:48 WIB
Petugas berjaga di pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (31/5/2020). (ANTARA/Reno Esnir)
Petugas berjaga di pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (31/5/2020). (ANTARA/Reno Esnir)

Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan akan dibuka lagi untuk umum mulai 20 Juni 2020 mendatang. Namun ada sejumlah ketentuan dan syarat yang berlaku sesuai protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona (COVID-19).

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan bahwa pihaknya akan membatasi usia pengunjung yang diperbolehkan masuk ke Ragunan. Lansia berusia 60 tahun ke atas tidak diizinkan masuk.

"Pertama kesehatan, kita batasi usia pengunjung, ibu hamil, anak-anak usia di bawah 9 tahun dan lansia usia 60 tahun ke atas tidak diizinkan masuk dan yang dibolehkan masuk yang dalam kondisi sehat," ujar Ketut.

Pembatasan usia tersebut sesuai dengan peraturan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Nantinya, para pengunjung yang hendak masuk ke Ragunan harus mendaftarkan tiket secara daring melalui link yang tersedia di akun Instagram resmi Ragunan. Tiket akan diverifikasi oleh petugas saat pengunjung sudah di depan gerbang Ragunan. Pengunjung juga diharuskan mengisi formulir sehat.

Meski dibuka, Ragunan akan tetap membatasi pengunjung. Pada Selasa-Minggu, Ragunan hanya menjual tiket untuk 1.000 orang. Jam operasional Ragunan juga dibatasi, yaitu dari jam 08.00 hingga dengan 13.00 WIB.

Hal penting lainnya adalah, pengunjung harus memakai masker, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak. Pengunjung Muslim juga disarankan untuk membawa perlengkapan salat.

"Untuk tempat ibadah juga ada protokol kesehatannya, pengunjung wajib membawa alat salat sendiri, kami tidak menyediakannya di masjid," kata Ketut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X