Putin dan Biden Bakal Video Call Bahas Rencana Invasi Rusia ke Ukraina

- Minggu, 5 Desember 2021 | 11:36 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin (TASS/Mikhail Metzel)
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin (TASS/Mikhail Metzel)

Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan melakukan panggilan video dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Selasa, 7 Desember 2021. Topik utama yang bakal dibahas dalam pembicaraan tersebut menyangkut potensi invasi Rusia ke Ukraina.

"Presiden Biden akan memberi penekanan atas keprihatinan AS terhadap kegiatan militer Rusia di perbatasan Ukraina," kata Direktur Komunikasi Gedung Putih, Pers Jen Psaki, dikutip dari TASS, Minggu (5/12/2021).

Dia menambahkan, Joe Biden juga akan mengingatkan Putin bahwa AS akan memberi dukungan penuh untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina. 

Dalam laporan Politico, Rusia berencana menggerakkan 100 batalyon taktis, termasuk tank dan peralatan artileri lainnya. Data intelijen bahkan menyebutkan Rusia berencana mengerahkan sekitar 175.000 tentara, dengan hampir setengahnya sudah berada di sejumlah titik di dekat perbatasan Ukraina.

"Kedua pemimpin juga akan membahas berbagai topik hubungan AS dan Rusia, termasuk stabilitas strategis, dunia maya, dan masalah regional," kata Jen Psaki.

Sementara itu, ajudan Putin, Yuri Ushakov, mengatakan bahwa kedua Presiden akan fokus pada urusan bilateral dan isu-isu internasional yang mendesak. Di antara isu mendesak tersebut adalah persoalan yang terjadi di Afganistam, Iran, Ukraina, Libya, dan Suriah.

"Selain itu, mereka juga akan membahas kemajuan dalam dialog tentang stabilitas strategis, dan kemungkinan akan membahas implementasi inisiatif Rusia untuk mengadakan pertemuan puncak lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB," kata Ushakov.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X