Kapan Nih Megawati Umumkan Capres 2024, Sekjen PDIP Kasih Bocoran

- Selasa, 21 Maret 2023 | 12:40 WIB
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengatakan momentum deklarasi calon presiden (capres) 2024 akan diputuskan oleh Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri.

Hasto mengungkapkan, Megawati memiliki berbagai pertimbangan dalam menentukan momentum pengumuman capres. Salah satunya, terkait peristiwa sejarah di Indonesia.

"Ya, kalau momentum, ibu Mega lakukan kalkulasi berdasarkan momentum politik. Tapi, juga ada peristiwa yang bersejarah melatarbelakanginya," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPIP, Lenteng Agung, Jakarta, dikutip Selasa (21/3/2023).

-
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)

Baca Juga: Demokrat Respons Pernyataan Sekjen PDIP yang Sebut Safari Politik Anies di Jatim Sepi

Hasto pun menjelaskan soal momentum-momentum bersejarah tersebut. Ia menyebut, jajaran DPP partai yang hanya 27, lalu nama kabinet era Presiden Megawati, yakni Gotong Royong hingga aspek-aspek yang melatarbelakanginya.

"Bulan Juni bulan Bung Karno, bulan Agustus proklamasi kemerdekaan kita, September pendaftaran (capres-cawapres)," ungkap Hasto.

Hasto menuturkan, momentum strategis itu hanya akan diputuskan oleh Megawati dengan mempertimbangkan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran partai.

Dia menambahkan, pemilu tidak hanya berbicara soal urusan capres dan cawapres. Menurutnya, ada pemilihan calon anggota legislatif yang juga memerlukan persiapan.

"Pemilu ini kan bukan hanya bicara capres-cawapres, pemilu itu soal bagaimana saksinya, bagaimana anggota legislatifnya, apakah sudah dipersiapkan dengan baik, kemudian tim kampanyenya bagaimana, visi misinya, ini satu kesatuan proses. Tak bisa dilepaskan hanya sosok calonnya saja," tutur Hasto.

Posisi Politik PDIP

Terkait posisi politik PDIP yang akan berkoalisi atau berjalan sendiri di Pilpres 2024, kata Hasto, politik tidak terlepas dari membangun kesepahaman dan dukungan dari rakyat.

"PDI Perjuangan memiliki modalitas yang cukup untuk mencalonkan sendiri. itu karena dukungan rakyat,” ujar Hasto.

Baca Juga: Demokrat Respons Pernyataan Sekjen PDIP yang Sebut Safari Politik Anies di Jatim Sepi

“Ini yang kami gunakan dengan sebaik-baiknya dengan mempertanggungjawabkan dihadapan rakyat agar nanti calon presiden, calon wakil presiden seluruh anggota legislatif yang dihasilkan memang punya komitmen menyelesaikan masalah rakyat dan membangun kemajuan bagi bangsa dan negara," pungkas Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X