Kuota Sudah Penuh, Pendaftaran Program Mudik Gratis Kemenhub dengan Bus Ditutup Sementara!

- Minggu, 26 Maret 2023 | 09:45 WIB
Ilustrasi Mudik Gratis Menggunakan Bus. ((ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Ilustrasi Mudik Gratis Menggunakan Bus. ((ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan pendaftaran program mudik gratis 2023 dengan bus sudah ditutup lantaran kuota yang tersedia sudah terpenuhi. Adapun total kuota yang disediakan yakni sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

“Sejak dibuka pendaftarannya pada 13 Maret 2023 lalu, saat ini pendaftarannya sudah ditutup karena kuota yang tersedia sudah terpenuhi,” kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto kepada wartawan, Minggu (26/3/2023).

Baca Juga: Dibuka Mulai Hari Ini, Cek Syarat dan Rute Mudik Gratis 2023

Kendati demikian, Suharto mengatakan masih ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi sampai tenggat waktu yang telah ditentukan. 

“Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” ujarnya.

Oleh karena itu, Suharto mengimbau masyarakat yang telah mendaftar program mudik gratis dengan bus untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan. Validasi bisa dilakukan maksimal tujuh hari setelah pendaftaran. 

“Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di 5 titik antara lain GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Terminal Kayuringin Bekasi,” ungkap Suharto. 

Baca Juga: Kapolri Lepas Mudik Gratis Ke-3, 11.300 Pemudik Diberangkatkan

Suharto menuturkan, kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang akan secara otomatis masuk kembali pada sistem MitraDarat. Kuota ini nantinya bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Oleh karena itu, ia mengimbau bagi masyarakat yang masih ingin ikut program mudik gratis agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala. Sebab, ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

“Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem MitraDarat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar,” pungkas Suharto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X