Google Indonesia Bantu UMKM Berkembang

- Selasa, 18 Februari 2020 | 14:05 WIB
Ilustrasi google. (Unsplash/Kai Wenzel)
Ilustrasi google. (Unsplash/Kai Wenzel)

Google tak sekadar perusahaan teknologi ternama di dunia. Raksasa teknologi itu juga ingin mengembangkan dan membantu usaha kecil di Indonesia, khususnya untuk lebih maju di bidang digital.

Kantor Google di Indonesia resmi meluncurkan program Grow With Google, Selasa (18/2/2020), di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat. Melalui program tersebut, Google Indonesia secara khusus ingin mengembangkan keahlian, keterampilan dalam berbisnis, serta menunjang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh di Indonesia. 

Dirjen Pajak, Suryo Utomo yang berkesempatan menghadiri acara launching Grow With Google tersebut memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi perusahaan teknologi tersebut. Suryo berpesan, dalam perjalanannya menuju maju dan berkembang, Google juga diminta untuk mengedukasi UMKM untuk taat membayar pajak, melalui platform bernama Primer.

-
Ilustrasi kantor Google (REUTERS/Mark Blinch)

"Digitalisasi is a must. Digitalisasi adalah keniscayaan, maka itu bagaimana engagement. Apa yang kita bisa support untuk menumbuhkan ekonomi," ujar Suryo di Gedung Perpustakaan Nasional, kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2020). 

Suryo mengaku prihatin karena hingga saat ini, baru sekitar  2 juta pelaku UMKM yang rutin membayar pajak. Sementara, jumlah UMKM di Indonesia sekitar 60 juta. Untuk itu, pihaknya masih perlu mengejar sisa 58 juta pelaku UMKM terdaftar sebagai wajib pajak.

"Kami terus mencari yang sekarang belum terdaftar. Jadi kalau Google tag line-nya grow with Google, kalau kita grow with DJP. Kalau grow kan namanya tumbuh ya dapat duit dong. Kan kalau menambah kekayaan harus juga membayar kewajiban ke negara," tuturnya. 

Suryo juga berpesan kepada petinggi Google baik Randy Jusuf, maupun Scott Beaumont selaku President Director Google Asia Pasifik untuk ikut memikul rumah itu dengan juga wajib membayar pajak di Indonesia.

"Jadi melalui forum kami sangat menyambut baik, mari kita bersama-sama. Saya ingin seperti ini, jadi bapak ada di bawah gendongan negara, rumah ini, saya pun juga. Jadi ini bukan hanya tugas DJP, DJP hanya mengorganisir saja," pungkasnya. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X