Dahsyatnya Gempa Turki Tewaskan 21 Ribu Orang, Bangunan Hancur Lebur

- Jumat, 10 Februari 2023 | 07:07 WIB
Bangunan runtuh akibat gempa Turki. (Z Creators/Aditya Ananta)
Bangunan runtuh akibat gempa Turki. (Z Creators/Aditya Ananta)

Gempa Turki magnitudo 7,8 menyisakan duka yang mendalam. Gempa terjadi di wilayah perbatasan Turki dan Suriah. Dari sekitar 12.000 jiwa yang meninggal dunia, sekitar 9.100 berada di Turki sementara 2.992 berada di Suriah.

Sementara itu ada sekitar 22.168 terluka. Sedikitnya 5.775 bangunan runtuh. Lebih dari 24.000 personel SAR di lapangan dengan tambahan 2.660 personel SAR dari 65 Negara.

-
Bangunan runtuh akibat gempa Turki. (Z Creators/Aditya Ananta)

Sekitar 8.000 orang sudah dievakuasi dari pusat gempa. Lokasi terdampak yaitu Gaziantep, Hatay, Sanliurfa, Kilis, Adana, Osmaniye, Kahramanmaras, Diyabrbakir, Adiyaman, Malatya.

Dua warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan tewas akibat gempa dahsyat di Turki. WNI tersebut bernama Nia Marlinda asal Bali dan anaknya yang berusia 1 tahun.

-
Potret bangunan runtuh akibat gempa Turki. (Z Creators/Aditya Ananta)

Sang suami yang merupakan warga Turki juga tewas tertimbun puing bangunan di Kahramanmaras. Pelajar Indonesia yang terkena dampak juga lumayan banyak dan sudah di evakuasi. Beberapa pelajar Indonesia di Turki ada yang tinggal di dalam mobil dan beberapa ada yang tinggal di KBRI. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X