2 Wartawan Peras 17 Kepala Desa, Kena OTT Bawa Uang Rp30 Juta

- Kamis, 19 Januari 2023 | 22:07 WIB
Ilustrasi penangkapan. (Freepik)
Ilustrasi penangkapan. (Freepik)

Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu menyita barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp30 juta dari dua oknum wartawan daring lokal Kabupaten Bengkulu Utara yaitu ER dan W yang memeras 17 kepala desa di Kecamatan Kerkap.

"Dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap kedua pelaku tim menyita barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp30 juta," kata Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Anuardi di Kota Bengkulu, mengutip Antara, Kamis (19/1/2023).

Ia menyebutkan bahwa kedua pelaku tersebut memeras 17 kepala desa di Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara dengan meminta uang sebesar Rp10 juta setiap kades.

Baca Juga: Pengamat Hukum Tata Negara: Masa Jabatan Kades 9 Tahun Potensi Praktik KKN Makin Subur

Kemudian, jika kepala desa tidak memenuhi permintaan para pelaku maka akan melaporkan permasalahan pengelolaan Dana Desa ke pihak terkait.

-
Ilustrasi jurnalis. (Freepik)

 

Dengan cara mengekspose laporan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diklaim tidak benar ke media tempat para pelaku tersebut bekerja.

Kena OTT

Lanjut Anuardi, saat ini tim penyidik akan melakukan gelar perkara terkait penangkapan OTT dua oknum wartawan daring media lokal di Kabupaten Bengkulu Utara.

Sebelumnya, Tim Opsnal Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Bengkulu menangkap dua oknum wartawan dalam Operasi Tangkap tangan (OTT) karena telah melakukan pemerasan terhadap 17 kepala desa pada Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Bapak-Ibu Kepala Desa, Presiden Jokowi Setuju Masa Jabatan Kades Jadi 9 Tahun

Penangkapan terhadap dua oknum wartawan tersebut saat akan menerima uang dari salah satu kepala desa di Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara.

Hingga saat ini kedua oknum wartawan tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolda Bengkulu.
 
Selain melakukan pemeriksaan terhadap kedua pelaku, terang Anuardi, pihaknya juga meminta keterangan dari para kepala desa yang menjadi korban pemerasan yang dilakukan oleh kedua oknum wartawan tersebut.

Artikel Menarik lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X