Buka Muktamar Muhammadiyah, Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Hablum Minal Alam 

- Sabtu, 19 November 2022 | 12:10 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Reuters/Sonny Tumbelaka)
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Reuters/Sonny Tumbelaka)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Dalam pidato sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya hablum minal alam atau hubungan antara manusia dengan alam.

"Melalui lembaga pendidikan Muhammadiyah dan Aisyiyah saya menitipkan penguatan pendidikan bagi pembangunan yang berkelanjutan bagi pembangunan yang ramah lingkungan," kata Presiden Jokowi dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (19/11/2022).

Kemudian, Presiden Jokowi mengatakan,  keberlanjutan hidup masyarakat di dunia ini tergantung dengan alam. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar dan harus dimanfaatkan dengan baik.

"Perlu saya tegaskan ketergantungan manusia pada alam sangat tinggi, apalagi potensi alam di Indonesia sangat besar, alam darat maupun laut yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya secara bijak," ungkap Presiden Jokowi

Baca Juga: Dibayangi Krisis, DPR Dukung Langkah Presiden Jokowi untuk Stabilkan Ekonomi Indonesia

Oleh karena itu, Presiden Jokowi pun mengharapkan agar PP Muhammadiyah dan Aisyiyah dapat terus menggaungkan hablum minal alam, selain tentunya hablum minallah atau hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta dan hablum minannas, hubungan antar manusia.

"Saya mengharapkan bantuan dari bapak ibu semua selain hablum minallah, hablum minannas, mohon diperkuat dengan hamblum minal alam yang menekankan pentingnya kelestarian alam, yang menekankan pentingnya kelestarian lingkungan," ujar Presiden. 

Baca Juga: Blusukan ke Pasar Badung, Presiden Jokowi: Saya Ingin Lihat Harga Barang

Presiden Jokowi meyakini dengan kerja sama antar masyarakat dalam menjaga dan melestarikan alam bakal menjadikan Indonesia semakin harum di mata dunia internasional. 

"Melalui kerja kita bersama, saya yakin Indonesia akan mampu tumbuh maju di tengah gambaran dunia yang suram. Dengan dukungan keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Indonesia bisa menjadi titik terang di tengah dunia yang muram, Indonesia laksana sang surya yang menerangi dunia," pungkas Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X