Presiden AS Donald Trump Resmi Hentikan Pendanaan untuk WHO

- Rabu, 15 April 2020 | 09:51 WIB
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Leah Millis)
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Leah Millis)

Presiden AS Donald Trump resmi menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Selasa (14/3/2020). Padahal, WHO saat ini sedang berjuang menangani pandemi virus corona global.

Menurut Trump, WHO telah "gagal dalam tugas dasarnya dan harus bertanggung jawab." Dia menyebut WHO menyampaikan informasi yang salah soal virus dari Tiongkok dan terlalu lunak kepada Tiongkok di awal penyebaran virus corona.

Hal ini menyebabkan kematian yang tidak perlu karena AS tidak melarang perjalanan ke Tiongkok. AS sendiri merupakan donatur terbesar untuk WHO.

Pada tahun 2019 saja, AS menyumbang lebih dari US$400 juta kepada WHO. Sumbangan ini senilai 15% dari total anggaran WHO.

Keputusan ini pun membuat Trump banjir kecaman. Presiden Asosiasi Medis Amerika Dr. Patrice Harris menyebut ini adalah langkah berbahaya dan mendesak Trump mempertimbangkan keputusannya kembali.

Sejauh ini, angka positif corona di AS mencapai 613.886, dengan korban meninggal 26.047. Sementara itu, pasien yang sembuh mencapai 38.820 orang.

Jutaan orang Amerika telah kehilangan pekerjaan mereka, dan ekonomi AS telah lumpuh karena warga telah tinggal di rumah dan kegiatan ekonomi diperintahkan untuk tutup.

Pada saat ini, WHO membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk menangani virus corona. Bahkan, WHO telah meminta lebih dari US1 miliar untuk mendanai operasi melawan virus corona.

Sebelumnya, pada tahun 2017 Trump juga memangkas pendanaan untuk Dana Kependudukan PBB (UNFPA), pada 2018 memangkas dana untuk badan PBB yang membantu pengungsi Palestina (UNRWA), dan menunda kontribusi pada badan penerbangan PBB di 2019.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X