Resmikan Bendungan Tapin, Presiden Jokowi Berharap Bisa Atasi Banjir di Kalsel

- Kamis, 18 Februari 2021 | 17:30 WIB
Bendungan Tapin. (Instagram/@jokowi)
Bendungan Tapin. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan pada Kamis (18/2/2021). Bendungan tersebut akhirnya diresmikan setelah dikerjakan sejak lima tahun yang lalu.

Saat peresmian, Jokowi ikut menebar benih ikan patin, nila, gabus dan papuyu di kawasan bendungan.

"Lima tahun lalu, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan mulai dikerjakan, diikuti pembangunan jaringan irigasi hingga ke sawah-sawah petani. Hari ini, bendungan itu telah selesai dan saya resmikan seraya ikut menebar benih ikan patin, nila, gabus, dan papuyu di kawasan bendungan," kata Jokowi seperti yang dikutip INDOZONE di akun Instagram-nya.

Sebelum diresmikan, Bendungan Tapin yang berkapasitas 56,77 juta meter kubik dengan area genangan 425 hektare sudah berfungsi mengurangi banjir di kawasan Kabupaten Tapin.

Baca juga: Bendungan Tukul di Pacitan yang Diresmikan Jokowi Bisa Mengairi 600 Hektare Sawah

Selain berfungsi untuk mengurangi banjir, Bendungan Tapin juga bermanfaat untuk pengairan lahan pertanian setempat, menyediakan air baku, dan berpotensi menyediakan tenaga listrik.

Meski berfungsi untuk mengurangi banjir, namun penanganan menyeluruh dari hulu hingga hilir dengan penghutanan kembali secara besar-besaran di daerah aliran sungai harus tetap dilakukan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X