Anies akan Buka Bioskop Lagi di Jakarta usai Berkaca dari Korea Selatan

- Rabu, 26 Agustus 2020 | 11:06 WIB
Gubernur DKi Anies Baswedan pertimbangkan buka bioskop kembali di Jakarta. (Youtube/BNPB Indonesia).
Gubernur DKi Anies Baswedan pertimbangkan buka bioskop kembali di Jakarta. (Youtube/BNPB Indonesia).

Pemprov DKI Jakarta dalam waktu dekat akan kembali membuka kegiatan Bioskop, setelah melalui kajian yang panjang dengan para ahli dan para pakar dari gugus tugas, Kementrian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan Kebijakan membuka kembali Bioskop atau cinema dilakukan dengan melihat negara lain yang telah yang telah membuka kegiatan Bioskop dalam masa pandemi Covid-19.

"Kita merujuk pada studi dan kajian para pakar tentang penanganan dan pengelolaan kegiatan di Bioskop yang sudah dilakukan di berbagai negara. Saat ini sudah ada 47 yang kegiatan bioskopnya sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama masa pandemi termasuk saat puncak pandemi, Bioskop mereka tidak ditutup," kata Anies di Jakarta, Rabu (26/8/2020)

Untuk pembukaan Bioskop, Pemprov DKI Jakarta nantinya menyiapkan regulasi secara lengkap agar kegiatan Bioskop berjalan dengan aman dan tidak berisiko bagi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Kita akan menyiapkan regulasi secara secara lengkap dan regulasi itu akan kita masukan semua unsur protokol kesehatan, dan soal kualifikasi siapa saja yang bisa ikut menonton di bioskop, terkait dengan pemesanan tiket yang semuanya harus dilakukan secara online. Tidak ada pembelian tiket di lokasi, kemudian tentang masker, filtrasi udara, dan pembersihan secara teratur dan pengaturan duduk di dalam Bioskop," bebernya.

Pembukaan Bioskop sendiri dilakukan karena sudah ada pembicaraan dengan pelaku usaha yang sejak masa Transisi Juni lalu, telah mengkomunikasikan kesiapan mereka, sehingga Pemprov akan membuat regulasi yang ketat terkait pengelolaan dan apa saja yang harus dilakukan untuk meminimalisir risiko kesehatan.

Meskipun berencana akan membuka bioskop, Anies belum menyebutkan kapan waktu pastinya, menunggu semua regulasi detail dirampungkan untuk menjadi batasan bagi pengelolaan, pengawasan dan informasi bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan bioskop.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X