Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan, Menaker: Disiplin Itu Penting!

- Rabu, 17 Juni 2020 | 21:31 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kiri) berbincang dengan pelayan kantin saat melakukan inspeksi ke Mal Kota Kasablanka di Jakarta, Rabu (17/6/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kiri) berbincang dengan pelayan kantin saat melakukan inspeksi ke Mal Kota Kasablanka di Jakarta, Rabu (17/6/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Di tengah masa kenormalan baru, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan Menaker Ida setelah dirinya selesai melakukan melakukan inspeksi mendadak di sebuah mal di Jakarta Selatan, Rabu (17/6/2020).

"Disiplin itu penting. Mengikuti protokol kesehatan itu jangan hanya karena ada kewajiban dari pemerintah, harus dijadikan protokol kesehatan itu menjadi kebutuhan untuk menjaga diri dan menjaga orang lain," katanya.

Menaker juga menjelaskan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pusat perbelanjaan semakin baik karena setiap individu dan manajemen telah menerapkan protokol kesehatan. Ia menilai bahwa hal itu tetap harus dilakukan agar masyarakat merasa nyaman melakukan aktivitas ekonomi.

Menaker juga mengingatkan akan memberikan sanksi kepada pelaku usaha yang tidak menjalankan protokol kesehatan. Sanksi itu disebutnya telah diatur pemerintah daerah.

"Tapi yang lebih penting adalah pembinaan yang harus kami lakukan. Jadi pendekatannya adalah bukan punishment tapi pembinaan," kata Menaker.

Ida menjelaskan bahwa tahap pertama jika pelaku usaha tidak menjalankan protokol kesehatan maka akan diberikan semacam peringatan pembinaan seperti nota pemeriksaan. Jika tak berbenah dalam waktu yang diberikan bahwa akan dikenai sanksi denda.

"Jika masih bandel juga kita usulkan untuk pencabutan izin,"  kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov DKI Jakarta, Andri Yansyah yang bersama Menaker Ida.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X