PKS Minta Pemerintah Menyelamatkan Rakyat dari Wabah Virus Corona

- Senin, 16 Maret 2020 | 09:15 WIB
Mengenakan masker saat bepergian merupakan salah satu cara untuk mencegah terpaparnya virus corona atau covid-19. (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Mengenakan masker saat bepergian merupakan salah satu cara untuk mencegah terpaparnya virus corona atau covid-19. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, meminta pemerintah  segera menerapkan strategi komperhensif mulai pencegahan, social distancing hingga lockdown secara tepat dan terukur dalam mengatasi wabah virus corona (covid-19). Prioritas utama adalah menyelamatkan rakyat. 

"Strategi komprehensif yang saya maksud adalah yang terukur, cepat dan tepat mulai strategi pencegahan, edukasi hidup sehat, termasuk penyemprotan disinfektan berbagai fasilitas publik. Hingga kebijakan jaga jarak atau social distancing, bahkan jika diperlukan langkah pengasingan atau lockdown sejumlah wilayah yang eskalatif penyebaran wabahnya," ujar Jazuli di Jakarta, Senin (16/3/2020). 

Di saat seperti ini, lanjut Jazuli, pemerintah harus bertindak cepat dan cermat dalam mengambil kebijakan, kapan menerapkan social distancing seperti sejumlah Pemerintah Daerah yang sudah meliburkan sekolah dan menutup sementara tempat-tempat wisata dan keramaian. Serta kapan melakukan pengasingan wilayah atau lockdown. Dan hal ini bisa di mulai dari jalur atau pintu penerbangan dan pelabuhan.

"Keselamatan rakyat prioritas tertinggi saat ini. Kita semua tau pasti akan ada dampak ekonomi dan pertumbuhan. Tapi itu bukan prioritas sekarang. Pemerintah harus bertindak determinatif dalam mencegah persebaran virus ini," tegasnya.

Sebagai langkah antisipatif menurut Jazuli, Fraksi PKS DPR sendiri telah mengambil kebijakan kepada para stafnya di DPR (tenaga ahli, staf administrasi, dan lain-lain) untuk bekerja di rumah terhitung mulai tanggal 16 hingga 28 Maret sesuai perkembangan situasi.

Kebijakan ini bagian dari strategi social distancing dengan mengoptimalkan pekerjaan dari rumah, sekaligus mencegah penyebaran virus corona.

"PKS siap bahu membahu bersama pemerintah dan komponen masyarakat untuk memasifkan pencegahan, edukasi dan mitigasi persebaran virus corona," pungkas Jazuli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X