Video Warga Langkat Usir Kapal Asing Diduga dari China, Mau Tangkap Ikan?

- Minggu, 3 Mei 2020 | 19:55 WIB
Kapal asing diduga datang dari China diusir warga saat memasuki wilayah perairan Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Minggu (3/5/2020). (Facebook/Majelis Kopi)
Kapal asing diduga datang dari China diusir warga saat memasuki wilayah perairan Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Minggu (3/5/2020). (Facebook/Majelis Kopi)

Seantero Kampung Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, heboh pada Minggu (3/5/2020). Penyebabnya adalah masuknya kapal asing yang diduga berasal dari China ke wilayah perairan di sekitar pulau mereka.

Khawatir kru kapal tersebut membawa virus corona, para nelayan Kampung Sembilan pun ramai-ramai mengusir kapal tersebut.

Kehebohan tersebut pun beredar luas di media sosial melalui video yang salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Majelis Kopi. 

Tampak dalam video, puluhan warga berkumpul di ujung dermaga kayu, meneriaki kapal tersebut untuk memutar balik ke tengah laut. Sebagian warga lainnya mengejar kapal tersebut dengan kapal kecil supaya bergegas memutar badan. 

"Kapal Hong Kong ini mau masuk ke pulau sembilan ini. Warga bamyal yang menolak kedatangan kapal Hong Kong ini. Ini lautnya, dan ini keramba. Inilah kapalnya.Tidak boleh datang ke pulau sembilan ini. Banyak emak-emak yang menjerit. Kita ledakkan nanti kapal Hong Kong ini," ujar suara dalam video tersebut.

"Ya, kapalnya sudah mendekat. Kami menolak karena ada wabah virus corona. Rame kali ini. Jangan main-main sama warga pulau ini. Balik, balik, balik sana. Sempat orang itu ke sini, kami hantam nanti mereka. Kami bakar nanti kapal kelen. Jangan main-main kelen," lanjut suara tersebut.

.

 

Sejauh ini belum diketahui bagaimana kapal asing tersebut bisa memasuki wilayah perairan Indonesia. Apalagi, saat ini hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, tengah menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Di Indonesia sendiri lockdown diganti dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X