Ridwan Kamil Imbau Wisatawan Jangan Berkunjung ke Bandung Raya, Ternyata karena Ini!

- Rabu, 2 Desember 2020 | 23:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Photo/Dok. Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Photo/Dok. Pemprov Jabar)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) imbau masyarakat atau wisatawan untuk tidak berpergian jauh dan tidak berkunjung ke daerah yang berstatus zona merah atau risiko tinggi COVID-19, seperti salah satunya wilayah Bandung Raya.

"Sudah saya umumkan kemarin, pertama kalinya Kota Bandung jadi zona merah sehingga saya mengimbau pekan ini para wisatawan menahan diri dulu untuk tidak ke Bandung Raya karena zonanya lagi merah, sedang proses pengendalian lebih baik lagi,” kata Kang Emil, dilansir dari Antara, Rabu (2/12/2020).

Berdasarkan periode 23 hingga 29 November 2020, enam daerah di Jabar berstatus zona merah, yakni Kabupaten Indramayu, Purwakarta, Karawang, Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Banjar.

Kemudian, 19 daerah di Jabar berstatus zona oranye. Hanya Kabupaten Cianjur dan Pangandaran yang berstatus zona kuning.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Pemulihan Ekonomi Indonesia Semakin Nyata

Kang Emil juga menjelaskan setelah libur panjang pada akhir Oktober 2020, terjadi peningkatan kasus COVID-19. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat Jabar untuk menahan diri dan menghindari kerumunan.

“Cerita dari libur panjang itu menunjukkan ada peningkatan (kasus COVID-19). Oleh karena itu, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, saya kira kita menahan diri dulu, tidak berpergian terlalu jauh, kemudian tidak berkerumun,” ucapnya.

“Keterisian di Depok ada rata-rata di 80 persen. Ini juga mewakili rata-rata se-Jawa Barat khususnya yang Bodebek dan Bandung Raya. Tapi, kalau di luar itu (Bodebek dan Bandung Raya) relatif masih di bawah 60 persen. Di Bodebek dan Bandung Raya sudah terjadi peningkatan,” katanya.

Selain itu, menurut Kang Emil, tidak ada daerah di kawasan Bodebek yang berstatus zona merah untuk kali pertama.

“Bodebek, pekan ini, pertama kalinya semuanya tidak ada zona merah. Biasanya bergantian, Depok enggak (zona merah), lalu Bekasi, tetapi sekarang semuanya tidak,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X